Klub seperti Barcelona dan Manchester United dikenal sebagai klub yang punya akademi mumpuni. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, tidak banyak pemain dari akademi mereka yang mampu menembus tim utama.

Sebelumnya, banyak dari jebolan akademi La Masia yang kemudian menjadi andalan Barcelona. Sebut saja Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Sergio Busquets, Sergi Roberto sampai yang paling terkenal adalah Lionel Messi.

Setelah itu, pemain lulusan La Masia bisa dihitung dengan jari yang bisa masuk ke tim reguler Barcelona. Sekarang Blaugrana sepertinya lebih senang mendatangkan pemain mahal seperti Frenkie De Jong dan Antoine Griezmann.

Manchester United dulu sempat berjaya dengan ‘Class of 92’. Sekarang The Red Devils tidak lagi mengandalkan pemain dari akademi melainkan belanja pemain jadi dengan harga mahal seperti Harry Magiure.

Marcus Rashford tercatat sebagai jebolan terbaru akademi Manchester United yang menuai sukses. Selebihnya, pemain muda didikan klub selalu kesulitan mendapat kepercayaan dari para manajer The Red Devils . Namun, akademi sepakbola dari tiga klub ini terus menghasilkan talenta kelas dunia secara konsisten. Siapa saja mereka?

FC Santos
Para pemain Brasil sangat terkenal dengan bakatnya dan tidak ada klub dari negara ini yang menelurkan bintang berbakat macam Santos. Tidak diragukan lagi, pemain paling terkenal saat ini yang muncul melalui akademi klub tidak lain adalah pemain termahal di dunia Neymar. Dia mencetak 136 gol untuk klub dalam 223 penampilan sebelum pindah ke Eropa.

Benfica
Tiga klub raksasa Portugal Benfica, FC Porto dan Sporting CP semuanya memiliki akademi dan jaringan scouting yang luar biasa. Sporting CP menghasilkan beberapa pemain fantastis di dekade pertama abad ke-21 termasuk Cristiano Ronaldo dan banyak dari mereka memainkan peran penting dalam keberhasilan tim nasional Portugal di Piala Eropa 2016. Namun, Benfica adalah klub yang membentuk masa depan Portugal.

Ajax Amsterdam
Tidak ada yang bisa membantah jika Ajax Amsterdam punya akademi pemain muda terbaik di dunia. Dari Johan Cruyff pada 1960-an hingga Matthijs de Ligt pada 2010-an, Ajax Amsterdam sudah menghasilkan banyak pemain terbaik di dunia selama bertahun-tahun.