Juergen Klopp Liverpoolbolawarna.comJurgen Klopp dikenal sebagai salah satu pelatih yang punya kemampuan hebat. Klopp telah berhasil meraih kesuksesan besar selama jadi juru taktik Borussia Dortmund dan Liverpool.

Klopp berhasil mengantarkan Borussia Dortmund memenangkan gelar Bundesliga dua kali secara berturut-turut. Dia juga mampu membuat tim raksasa Jerman tersebut dua kali menjajak babak final Liga Champions.

Klopp kemudian melanjutkan kariernya di Premier League. Dia ditunjuk jadi juru taktik Liverpool pada Oktober 2015. Manajer berpaspor Jerman tersebut juga mendulang kesuksesan di Anfield. Dia mampu mempersembahkan gelar Liga Champions pada musim lalu.

Walaupun sudah dianggap sebagai salah satu manajer top dunia, Klopp terkadang membeli pemain yang kurang oke di bursa transfer dan tampil buruk. Ini dia tiga pembelian gagal Jurgen Klopp semasa menjadi pelatih :

  1. Steven Caulker : Liverpool
    Steven Caulker bergabung dengan Liverpool dengan status pinjaman pada Januari 2016 setelah tampil mengesankan di Premier League untuk Queens Park Rangers. Banyak orang heran kenapa juru taktik The Reds mendatangkan bek tengah baru pada musim itu.
    Namun Klopp justru memainkan Caulker sebagai penyerang dalam sejumlah pertandingan, saat Liverpool harus mencetak gol. Karena itu, wajar saja jika kedatangan Caulker tidak berjalan seperti yang dia harapkan. Caulker kemudian didepak dari Anfield pada akhir musim 2015/2016.
  2. Ivan Perisic : Borussia Dortmund
    Jurgen Klopp membeli Ivan Perisic dengan harga murah. Dia direkrut dari Club Brugge seharga 5 juta euro. Pemain berkebangsaan Kroasia itu menjalani musim debut yang bagus di Signal Iduna Park sebelum akhirnya kesulitan menemukan tempat pada musim berikutnya.
    Perisic tidak menerima hal tersebut dengan baik dan menyatakan kalau Klopp tidak memberinya kesempatan. Dia juga menyatkan pelatih Jerman itu sengaja menyukai pemain lainnya daripada dirinya.
  3. Loris Karius : Liverpool
    Keputusan Klopp mendatangkan Loris Karius yang kurang top pada tahun 2016 dengan biaya 6,2 juta mengundang beragam reaksi. Karius memang mampu menggantikan Simon Mignolet sebagai kiper nomor satu Liverpool menjelang akhir musim 2017/2018. Namun, Karius disebut-sebut sebagai kesalahan terbesar Klopp.
    Sebagai kiper pilihan pertama yang baru, bencana Karius dimulai di final Liga Champions 2018 melawan Real Madrid. Sosok berpaspor Jerman tersebut melakukan dua kesalahan fatal yang membuat timnya kalah di Kiev.