Messi Ronaldobolawarna.comLionel Messi dan Cristiano Ronaldo memang masih masuk dalam jajaran top pemain sepak bola dunia. Namun, dari hasil riset yang diadakan beberapa waktu terakhir, Messi dan Ronaldo tidak masuk dalam daftar 3 besar pemain paling bernilai pada awal 2020 ini.

Lionel Messi masih menjadi pemain yang menjadi andalan Barcelona. Messi juga menjadi salah satu pemain yang mendapatkan gaji paling tinggi di dunia. Performanya juga masih di level paling atas.

Begitu juga dengan Cristiano Ronaldo. Dia masih menjadi pemain andalan untuk Juventus. Meskipun sudah berusia 34 tahun, Ronaldo masih berada di level tertinggi. Kapten tim nasional Portugal juga memperoleh gaji sebesar 30 juta euro per musim dari Juventus.

Namun, bukan Messi dan Ronaldo yang menjadi pemain paling bernilai menurut hasil riset yang dilakukan oleh CIES Football Observatory. Lembaga peneliti sepak bola yang berlokasi di Swiss itu menempatkan Kylian Mbappe di peringkat pertama sebagai pemain paling bernilai.

Kylian Mbappe menjadi pemain yang paling banyak dibicarakan dalam beberapa tahun terakhir. Usianya memang baru 21 tahun, namun dia sudah berhasil mencapai banyak prestasi bagus baik di level klub dan tim nasional.

Bersama PSG, Kylian Mbappe memenangkan sederet gelar domestik. Dia juga mampu mencetak banyak gol. Musim 2018/2019 lalu, Kylian Mbappe berhasil mencetak 33 gol. Sedangkan, bersama tim nasional Prancis, dia mampu meraih juara Piala Dunia 2018.

CIES Football Observatory menyebut nilai Kylian Mbappe berada di angka 265,2 juta euro atau sekitar Rp4,1 Triliun. Dengan nilai sebesar itu, mantan pemain AS Monaco ini menjadi pemain bernilai tertinggi di dunia.

Paling Bernilai Versi CIES Football Observatory Peringkat 1 – 10

  1. Kylian Mbappe (PSG) € 265,2 juta
  2. Raheem Sterling (Manchester City) € 227,7 juta
  3. Mohammed Salah (Liverpool) € 175.1m
  4. Jadon Sancho (Borussia Dortmund) € 168,9 juta
  5. Sadio Mane (Liverpool) € 155m
  6. Harry Kane (Tottenham) € 150,5 juta
  7. Marcus Rashford (Manchester United) 134,3 juta euro
  8. Lionel Messi (Barcelona) € 125-5 juta
  9. Antoine Griezmann (Barcelona) € 123,6 juta
  10. Lautaro Martinez (Inter) € 115,7 juta