Frenkie De Jong

Barcelona bakal menyambut kedatangan Frenkie De Jong di musim panas mendatang. Sebelum itu, sang juara bertahan La Liga tersebut akan ‘membuang’ tiga gelandang inti untuk memberi De Jong satu tempat di tim inti.

De Jong resmi berstatus sebagai pemain Barcelona pada hari Kamis (24 Januari 2019) WIB, tepat setelah proses transfernya dari Ajax Amsterdam selesai. Untuk mengikat pemain berumur 21 tahun tersebut, Blaugrana harus mengeluarkan dana sebesar 75 juta euro.

Namun, De Jong tidak langsung bergabung dengan Los Cules pada bulan Januari ini. Transfer tersebut baru berlaku pada bulan Juli 2019 mendatang, usai kompetisi musim 2018/2019 berakhir dan dibukanya bursa transfer musim panas.

Lepas Denis Suarez
Menurut beberapa laporan, Frenkie De Jong menerima pinangan Barcelona dengan syarat dia bisa masuk tim inti. Barcelona mau memenuhi permintaan tersebut dengan mendepak tiga pemain sekaligus.

Nama pertama yang masuk daftar jual adalah Denis Suarez. Pemain asal Spanyol itu juga sempat mengutarakan niatnya untuk angkat koper dari Camp Nou karena minimnya kesempatan bermain. Belakangan ini, ia disebut akan bergabung dengan tim Inggris, Arsenal.

Tetapi, kepindahan Denis Suarez ke Emirates Stadium diyakini tidak akan terjadi secara permanen. Beberapa waktu lalu, Unai Emery selaku pelatih mengkonfirmasi bahwa timnya hanya akan merekrut pemain baru dengan status pinjaman.

Rafinha dan Ivan Rakitic
Nama kedua yang diprediksi akan meninggalkan Camp Nou adalah Rafinha Alcantara. Meskipun tampil apik dalam masa pinjaman di Inter Milan pada musim lalu, namun gelandang berumur 25 tahun itu tidak masuk dalam rencana sang pelatih, Ernesto Valverde.

Di La Liga sendiri, Rafinha baru tampil di lima pertandingan. Di mana dua di antaranya dilakoni sebagai pemain pengganti. Ia juga sempat tampil sebanyak dua kali di ajang Liga Champions dan mengantongi satu gol.

Selain dua nama di atas, masih ada satu nama lagi yakni Ivan Rakitic, yang telah mengoleksi total 29 penampilan bersama Barcelona di semua kompetisi musim ini. Josep Maria Bartomeu bakal berupaya keras untuk menyingkirkan pemain asal Kroasia tersebut. Terlebih mengingat usianya sudah 30 tahun. Namun, ia harus berusaha untuk meyakinkan Valverde yang menyukai permainan Rakitic.