Chris ColemanWales memang mengunci satu tempat di 8 besar Piala Eropa. Namun dalam pertandingan menghadapi Irlandia Utara itu, Wales disebut tampil cukup mengecewakan.

Tampil di Stadion Parc des Princes Sabtu (25/6/2016) malam WIB, Wales hanya bisa menang tipis Irlandia Utara dengan skor 1-1. Aaron Ramsey cs. cukup mendominasi dalam penguasaan bola sebesar 56 persen. Wales melepaskan tujuh tembakan namun cuma satu on target. Sedangkan Irlandia Utara punya enam upaya yang tiga di antaranya tepat sasaran.

Kemenangan Wales juga tercipta bukan melalui gol yang dicetak sendiri. Sebiji gol lahir dalam pertandingan itu akibat gol bunuh diri Gareth McAuley.

Berisikan pemain-pemain kondang macam Gareth Bale, Ramsey serta Joe Ledley, seharusnya Wales bisa bermain lebih oke di laga tersebut. Media Inggris bahkan mengejek performa Ramsey yang kalah oke ketimbang rambut barunya yang berwarna mencolok. Manajer Wales Chris Coleman juga mengakui anak asuhnya tidak dalam penampilan terbaik.

“Ini adalah laga yang buruk, tapi siapa peduli? Kami berhasil lolos ke babak perempatfinal dengan tampil tidak pada performa terbaik. Ketika mendapat keberuntungan, kami harus memaksimalkan itu,” kata Coleman seperti dikutip Reuters.

“Saya memuji permainan Irlandia Utara. Mereka adalah rival yang berat dan memperlihatkan kerja keras pada setiap laga, serta sangat berbahaya.

“Mungkin mereka bermain lebih baik kali ini, namun kami memiliki kelebihan yaitu pada aspek keberanian. Kami tampil di tengah lapangan dan memperlihatkan sisi lain dari tim ini,” tutur dia.