louis van gaalUsai sudah perjalanan Louis van Gaal sebagai manajer. Pria berkebangsaan Belanda tersebut mengumumkan pensiun untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Manchester United merupakan klub terakhir yang ditangan Van Gaal sebelum didepak pada Mei 2016 lalu. Van Gaal dipecat cuma berselang dua hari usai membawa timnya memenangi trofi Piala FA.

Sesudah itu nama Van Gaal seakan “menghilang” dari hingar bingar sepakbola dan menghabiskan seluruh waktunya bersama istri serta anak-anaknya. Sempat muncul kabar jika Van Gaal akan kembali melatih di luar Eropa.

Akan tetapi rumor tersebut takkan pernah menjadi nyata lataran Van Gaal sudah capek melatih dan mengumumkan pensiun dari dunia yang membesarkan namanya.

“Usai di Manchester United, saya merasa sudah waktunya untuk segera berhenti melatih, lalu kemudian saya berpikir ingin istirahat dulu. Namun kini saya pikir saya tidak bisa melatih lagi,” ujar Van Gaal kepada Telegraaf seperti dikutip BBC.

Salah satu faktor terkuat kenapa Van Gaal akhirnya memilih pensiun ialah meninggalnya salah satu menantu pria 65 tahun itu bulan lalu.

“Saya bisa pergi ke luar negeri, namun saya masih berada di sini. Banyak hal terjadi dalam keluarga saya,” sambungnya.