Ragnar KlavanRagnar Klavan disebut akan kehilangan posisinya sebagai bek utama dengan kedatangan Virgil van Dijk ke Liverpool. Terkait hal ini, manajer Liverpool, Juergen Klopp angkat bicara. Apa yang dia bilang?

Liverpool akhirnya berhasil mendatangkan Van Dijk dari Southampton dengan banderol 75 juta poundsterling. Proses transfer ini akan tuntas ketika bursa transfer musim dingin dibuka pada 1 Januari 2018 tahun depan.

Bergabungnya Van Dijk tentu melegakan untuk Klopp dan juga suporter Liverpool yang memang menantikan sosok bek tengah tangguh dan mampu memimpin barisan pertahanan yang rapuh. Contohnya Liverpool musim ini sudah kemasukan 23 gol di Premier League, terbanyak di antara tim empat besar.

Tapi kehadiran Van Dijk nantinya juga membawa kabar buruk untuk para pemain di sektor pertahanan. Sudah pasti satu tempat bakal jadi bek asal Belanda itu dengan empat pemain bersaing memperebutkannya yakni Joel Matip, Dejan Lovren, Joe Gomez, dan Ragnar Klavan.

Kondisi ini lantas membuat masa depan Klavan menjadi tanda tanya. Dari keempat bek itu, Klavan hanya punya total 15 intersep dan tiga blok, paling rendah. Bahkan dalam urusan tekel, menurut Squawka, Klavan cuma punya total tujuh tekel sukses ketimbang Gomez (29), Matip (15), dan Lovren (11).

Terkait situasi Klavan saat ini, Klopp menyebut jika pemain asal Estonia itu masih berada dalam rencananya. Namun dengan satu syarat, Klopp meminta Klavan untuk memperbaiki penampilannya.

“Ragnar Klavan bisa figur panutan yang sempurna untuk semua pemain baru. Dia sangat senang ada di sini. Kondisinya sangat bugar. Ini sangat, sangat penting untuk kami jika dia seperti itu. Dia hanya harus lebih percaya diri,” ujar Juergen Klopp.