Anthony MartialPenyerang Setan Merah, Anthony Martial, lagi-lagi menyita perhatian banyak orang. Bukan soal prestasi, bukan juga soal skandal seksnya dengan bintang X Factor, tapi namun tentang harga transfernya dari AS Monaco pada musim panas lalu.

Dikutip oleh The Sun, banderol transfer Martial rupanya lebih tinggi dari yang diberitakan sejak awal. Sebelumnya, Martial disebut-sebut berharga transfer 36 juta pounds (Rp 711 Miliar).

Akan tetapi The Sun mendapatkan dokumen transfer yang kenyataannya menyebut nilai transfer Martial hampir dua kali lipat yakni sebesar 61,6 juta pounds (Rp 1,2 Triliun). Wow!

Hingga kini Martial memang belum sesubur seperti yang diharapkan. Pemain Prancis berusia 20 tahun tersebut memang punya skill oleh bola oke di atas lapangan.

Total dirinya baru membukukan 8 gol dari beberapa kali di semua kompetisi. Produktivitasnya dipertanyakan di tengah-tengah mandeknya jumlah gol yang dicetak Manchester United.

Nilai sebesar Rp 1,2 memang bukan langsung satu kali bayar. Ada faktor-faktor yang membuat harga Martial bisa setinggi itu.

The Sun mengabarkan United bersedia membayar Martial seharga 38,5 juta pounds (Rp 757 Miliar) ketika si pemain mendarat di Old Trafford. MU memberikan 15,4 juta pounds sebagai uang muka dan sisanya dilunasi Juli 2016 ini.

Namun yang membuatnya lebih mahal ialah klausul-klausul yang terdapat dalam kontrak. Monaco diklaim bakal menerima 7,7 juta pound sebanyak tiga kali bila Martial mampu mendulang 25 gol dengan MU, 25 kali tampil dengan Prancis maupun masuk daftar Ballon d’Or.

Disamping itu ada juga klausul yang menyebut Monaco kebagian untung 50 persen andai Martial dijual sebelum tahun 2018.

Terkait klausul bonus sebesar 7,7 juta pounds nampaknya masih sulit diraih Martial. Dia harus mencetak 17 gol bagi United dan 19 kali merumput bersama tim nasional.