Tim nasional Spanyol sekarang ini memang tak setajam dulu. Walau demikian, pemain gelandang Spanyol Sergio Busquets menganggap kalau timnya masih pantas untukk difavoritkan di ajang Piala Dunia 2018.

El Matador pernah kuasai dunia usai 2 kali berhasil keluar sebagai juara di ajang Piala Eropa (2008, 2012) dan Piala Dunia 2010. Namun, lewat 5 tahun terakhir, tak dipungkiri kekuatan dari Spanyol mulai merosot.

Nyatanya, La Furia Roja lekas tergusur pada babak grup Piala Dunia 2014. Sementara di Piala Eropa tahun kemarin, Busquets dan para rekannya. cuma sampai pada babak 16 besar saja.

Spanyol masih tetap berada di kualifikasi Piala Dunia 2018. Dengan sisa 4 laga, Spanyol berada di puncak klasemen sementara Grup G, berselisih sengit dengan Italia.

“Saat Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa segera berlangsung, Anda terus menunggunya dan berusaha untuk lolos, dan hal yang indahnya pada akhir turnamen,” ujar Busquets.

“Yang pertama kami perlu lolos sebab kami berada pada grup yang tidak mudah dan tengah berselisih dengan Italia. Semoga saja kami bisa lolos menjadi juara grup, dan sekalinya kami lolos kami bakal analisa lagi semuanya.”

“Lewat hubungannya dengan pemain, tim, kami bakal jadi salah satu yang difavoritkan walau tak tampil oke lewat 2 turnamen terakhir,” anggapan pemain gelandang Barcelona ini.

“Hingga akhirnya, para tim yang seperti biasanya, Jerman, Argentina, yang dapat masuk dalam perselisihan titel di Rusia,” kata Busquets.