Wesley Sneijder sekarang ini telah samakan catatan Edwin van der Sar di tim nasional Belanda. Sneijder dan Van der Sar merupakan pemegang catatan performa untuk Oranje.

Sneijder bermain menjadi pemain pengganti ketika Belanda menangkan laga atas Pantai Gading dengan skor 5-0 pada pertandingan friendly yang berlangsung pada hari Senin (5/6/2017) dinihari WIB di De Kuip Stadion, Rotterdam. Pemain gelandang yang berumur 32 tahun tersebut masuk di menit 70 untuk gantikan posisi Davy Klaassen.

Sneijder memang tak berikan kontribusi cetak angka atau assist sekalipun. Tetapi, ia paling tidak dapat samakan catatan yang dipegang Van der Sar yang main sangat banyak dengan tim nasional, yaitu 130 kali tampil.

“Van der Sar makin dekat dengan umur 40 tahun, saya nyaris mengunjak umur 33 tahun,” imbuh Sneijder.

“Ini sungguh terasa luar biasa. Ini merupakan sebuah hal yang amat fantastis untuk semai catatan Van der Sar. Penjaga gawang pada umumnya tampil lebih lama dibanding para pemain lain, sampil sedikit lebih mudah untuk seorang [enjaga gawang sampai pada hal tersebut,” lanjut dia.

Hal yang sudah diraih ini pun ditujukan Sneijder pada para orang yang soroti cara bermainnya. Sedari keluar dari Inter Milan, pemain yang saat ini bermain untuk Galatasaray hal tersebut dianggap telah alami penurunan.

“Saya sudah saksikan serta dengar sejumlah orang menyoroti saya, namun saya tak memberi tanggapan pada haltersebut dengan sungguh-sungguh. Dan saya anggap banyak orang Belanda yang lainnya merasa akan hal yang serupa tentang kritik-kritik tersebut,” sambung Sneijder.

“Mereka perlu lakukan apa saja yang mereka harapkan. Saya anggap mereka cuma cemburu. Hal tersebut malah bikin motivasi saya agar selalu melangkah dan saya berharap tampil sesering mungkin menambah tajam catatan ini,” kata dia.

Sneijder mengawali masa depannya bersama tim nasional senior Belanda pada tahun 2003. Sekarang ini ia terhitung telah 14 tahun menolong negarnya. Sedangkan, Van der Sar tampil dalam 13 tahun sedari tahun 1995 hingga 2008.