Jorge Sampaoli secara resmi dipilih menjadi pelatih anyar di timnas Argentina. Sampaoli sudah setuju dengan kontrak Albiceleste yang akan berlangsung sampai dengan tahun 2022 yang akan datang.

Sampaoli, yang belum lama ini keluar dari pekerjaannya bersama Sevilla, diperkenalkan pada para publik pada hari Kamis (1/6/2017) malam waktu setempat di kantor Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA), Ezeiza, Buenos Aires.

“Ini merupakan sebuah mimpi yang jadi nyata, sesuatu yang telah saya impikan sedari lama. Saya terus kagum dengan tempat ini. Saya ucapkan terima kasih pada Presiden AFA atas rasa sabarnya,” ucap Sampaoli.

“Kontrak yang saya miliki akan berjalan sampai Piala Dunia tahun 2022. Saya ingin kami dapat lakukan sesuatu yang krusial bagi para public Argentina,” imbuh pelatih yang berumur 57 tahun tersebut.

Sampaoli gantikan posisi pelatih sebelumnya, Edgardo Bauza, yang dikeluarkan pada tanggal 10 April kemarin. Bauza kehilangan tempat mereka sebab deretan hasil buruk pada kualifikasi Piala Dunia 2018.

Argentina sekarang ini terperosot di urutan 5 klasemen kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL. Hanya 4 tim paling atas yang lolos langsung menuju putaran final Piala Dunia, sementara urutan 5 perlu melangsungkan play-off menghadapi para tim dari konfederasi lain.

Tim Tango hanya dapatkan 22 poin lewat 14 laga pada babak kualifikasi. Mereka berada di belakang Brasil (33), Kolombia (24), Uruguay (23), dan Chile (23).

“Rintangan dalam kualifikasi Piala Dunia memang begitu nyata. Kami mengetahui kalau Argentina miliki sumber daya untuk sampai pada ajang Piala Dunia,” ucap Sampaoli.

“Kualifikasi ini kompleks dan banyak para tim lain seperti kami yang tengah melakukan upaya sebaik mungkin untuk raih apa yang sama-sama kami taegetkan,” imbuh dia.

Sebelumnya Sampaoli berhasil membawa tim nasional Chile keluar sebagai juara di ajang Copa America 2015. Bersama Sevilla, pria yang berasal dari Argentina tersebut pun sukses mmbawa timnya masuk ke ajang Liga Champions pada musim berikutnya.

Misi paling dekat Sampaoli di tim nasional Argentina ialah pimpin tim di pertandingan friendly berhadapan dengan Brasil (9/6) dan Singapura (13/6).