jepang Piala Dunia 2018Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) melakukan satu terbosan baru dalam menyambut Piala Dunia 2018. JFA merilis jersey spesial dengan gambar tokoh anime sepakbola Jepang, Kapten Tsubasa.

Sebenarnya jersey itu tidak berbeda jauh dengan yang akan dipakai oleh Shinji Kagawa dan rekan-rekannya pada Piala Dunia 2018 musim panas mendatang. Warna dasar biru dengan inspirasi karya kerajinan tangan dan pakaian samurai masih terlihat.

Akan tetapi, yang membedakan jersey biasa dan jersey ‘special edition’ itu adalah nomor pemain yang terdapat di dada dan punggung. Pada seragam resmi tim Matahari Terbit, nomor itu berwarna putih polos.

Sementara itu, nomor di punggung dan dada pada jersey ‘special edition’ dihiasi dengan gambar dari cuplikan anime Kapten Tsubasa. Jersey special edition tersebut dibuat dengan bekerja sama dengan La Casaca.
jersey jepang kapten tsubasa
Netizen menyambut positif perilisan jersey Kapten Tsubasa itu, salah satu pujian datang dari akun media sosial bernama @fertxi14: “Tim nasional Jepang mengeluarkan sebuah jersey yang sangat unik dalam menyambut Piala Dunia 2018. Ini adalah sebuah strategi pemasaran yang sangat jenius dari Adidas.”
jersey jepang kapten tsubasa
Walaupun demikian, timnas Jepang tidak bisa memakai jersey Kapten Tsubasa dalam pertandingan-pertandingan di Piala Dunia 2018. Hal itu disebebkan karena adanya aturan FIFA soal warna pada nomor punggung. Mereka hanya menjual jersey ini sebagai merchandise.