Sebuah kejadian tentang kasus penggelapan pajak ternyata tidak hanya membawa nama Lionel Messi. Cristiano Ronaldo pun ternyata ikut dilaporkan telah lakukan hal tersebut selama bermain di Spanyol.

Ronaldo dikatakan telah melakukan penggelapan pajak pada tahun 2011 sampai dengan tahun 2013. Laporan jumlah dananya masih belum diketahui, namun rumor mengatakan jumlah dananya mencapai 8 hingga 15 juta euro. Pemain bintang Real Madrid yang berasal dari Portugal tersebut dianggap telah melakukan penggelapan dana pajak berhubungan dengan pendapatan yang ia dapat dari image rights.

Otoritas pajak pribadi pun masih belum setuju dengan tuduhan soal Ronaldo melakukan penggelapan dana pajak. Ada yang menganggap kalau sang pemain memang lakukan hal tersebut, ada juga yang bilang kalau ini hanya sebuah kesalahan administrasi.

Namun, laporan yang baru mengatakan, pejabat di Kementerian Keuangan Spanyol (GESTHA) lebih cendering mengaminkan klaim yang bilang kalau Ronaldo telah lakukan penggelapan dana pajak. GESTHA pun mengatakan pelanggaran yang sudah dilakukan oleh Ronaldo bersifat kriminal karena tiap tahunnya pendapatan yang digelapkan semapai dengan 600 ribu euro lebih.

Tak hanya itu, GESTHA memberi saran agar hukuman yang dapat diberikan ialah berupa pidana dalam jangka waktu 2 sampai 6 tahun, di mana Ronaldo terancam dikenakan sanksi sampai 5 tahun penjara. Namun, GESTHA pun akui kalau Ronaldo dapat diberi hukuman yang lebih ringan jika akui dirinya bersalah dan bayarkan kekurangan pajaknya.

Sebelumnya, Messi pun ikut terkena kasus penggelapan pajak yang sama. Pemain penyerang Barcelona tersebut diberi hukuman sampai 21 bulan penjara walaupun ia tak harus masuk penjara sebab ini merupakan pelanggaran yang pertama untuknya.