Winger gaek milik Bayern Munich Franck Ribery memang semakin mendekati waktu pensiun. Selepas gantung sepatu nanti, Ribery mungkin saja melanjutkan kiprah sebagai pelatih.

Ribery bakal genap berumur 34 tahun pada 7 April mendatang. Semenjak berseragam The Bavarians pada 2007 silam, pemain asal Prancis itu telah meraih semua trofi juara kompetisi-kompetisi klub paling populer.

Walau demikian, karier Ribery acapkali diganggu rentetan cedera. Sejak 2013-14, Sejumlah cedera pernah diderita Ribery, termasuk saat dirinya menghabiskan sebagian besar musim lalu akibat cedera punggung dan otot.

Kontrak Ribery di Allianz Arena sendiri baru akan habis pada akhir musim 2018. Kondisi fisik jadi faktor kunci yang menentukan masa depannya nanti.

“Saya selalu berkata bila Bayern merupakan klub terakhir saya di Eropa. Saya bakal tampil hingga lutut, pergelangan kaki, atau punggung saya bilang ‘berhentilah’,” ungkap Ribery kepada Kicker, yang dikutip Soccer Way.

“Bila saya terus terbebas dari cedera, mungkin saya masih punya dua sampai tiga musim lagi di level tertinggi.”

“Saya memiliki hubungan yang amat baik dengan klub. Mungkin saja saya jadi pelatih usai pensiun, namun untuk tim junior,” katanya.