Spanyol Piala Dunia 2018Generasi tersukses yang pernah memperkuat Tim nasional Spanyol akan menjalani kompetisi besar terakhir di ajang Piala Dunia 2018. Ada keraguan dan harapan yang mereka bawa.

Dengan memenangkan 2 Piala Eropa dan Piala Dunia, Spanyol menjadi tim yang sangat ditakuti dari 2008 hingga 2012. Namun dominasi tersebut tidak berlanjut, ditandai dengan buruknya penampilan mereka di Piala Dunia 2014 dengan terhenti di fase grup. Kemudian pada Piala Eropa 2016 mereka tersingkir di 16 besar.

Sebelum kualifikasi Piala Dunia 2018, banyak yang ragu dengan Spanyol bersama pelatih barunya, Julen Lopetegui, untuk sekedar bisa lolos ke puaran final.

Lopetegui menjawab semua keraguan tersebut dengan mengantarkan tim nasional Spanyol ke putaran final Piala Dunia 2018 untuk yang ke-11nya kali secara beruntun. Berikut ini daftar terakhir penggawa timnas Spanyol

Kiper
Rumor kembalinya Iker Casillas dengan bisa dimentahkan oleh penampilan gemilang David De Gea di Manchester United dan La Furia Roja pada musim ini. Casillas yang pada Piala Eropa menjadi penghangat bangku cadangan, dipastikan tidak akan ikut terbang ke Rusia.

Bek
Piala Dunia 2018 sepertinya menjadi kompetisi internasional terakhir untuk Sergio Ramos dan Gerard Pique. Keduanya adalah pemain andalan di jantung pertahanan Spanyol selama bertahun-tahun, diawali pada 2010 ketika Ramos masih menghuni posisi bek kanan.

Tengah
Andres Iniesta akan berusia 34 tahun pada Piala Dunia 2018 mendatang akan menjadi ajang perpisahan sang kapten Barcelona di level internasional. Rekan setim Iniesta di Barcelona, Sergio Busquets, dipastikan akan menjadi rekan duet Iniesta untuk terakhir kalinya di lini tengah Spanyol.

Depan
Lopetegui masih belum yakin dengan pilihan pemain depan yang tersedia, ia menjajal 10 pemain yang berbeda dalam kurun waktu 2 tahun. Diego Costa, Iago Aspas dan Rodrigo akan masuk ke dalam daftar 23 pemain yang akan dibawa ke Rusia. Semntara Lucas Vazquez, Alvaro Morata, Jose Callejon, dan Vitolo masuk dalam daftar cadangan.