piala-super-eropaLiga Champions musim 2016/17 sudah sampai pada akhir dengan Real Madrid yang berhasil menjadi juara usai mengalahkan Juventus dengan skor yang cukup telak, 4 – 1, pada hari Minggu (04 Juni 2017) dinihari WIB tadi di Millennium Stadium, Cardiff, Wales.

Gol-gol kemenangan Real Madrid masing-masing disumbangkan oleh Cristiano Ronaldo (menit ke 20 dan 64), Casemiro (menit ke61), dan Marco Asensio (menit ke90). Sementara satu-satunya gol dari kubu Juventus disumbangkan oleh Mario Mandzukic (menit ke27).

Dengan kemenangan ini berarti Real Madrid berhasil meraih gelar Liga Champions ke-12 mereka sepanjang sejarah, sekaligus sukses mempertahankan gelar juara yang mereka raih di musim 2015/2016 lalu.
Real Madrid
Selain itu, gelar juara Liga Champions memastikan Los Blancos akan memperebutkan trofi Piala Super Eropa 2017 (UEFA Super Cup) melawan Manchester United yang lebih dulu mengukuhkan diri sebagai juara Liga Europa musim 2016/2017.

Seperti diketahui, Piala Super Eropa merupakan pertandingan antar klub yang mempertemukan antara juara Liga Champions dan juara Liga Europa. Seperti yang dikutip dari situs resmi UEFA, pertandingan antara Real Madrid melawan Manchester United akan diselenggarakan pada Selasa, (08 Agustus 2017) malam waktu setempat atau Rabu (09 Agustus 2017) dini hari WIB.
Manchester United
Pertandingan yang akan mempertemukan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan dengan Wayne Rooney dan kawan-kawan ini rencananya akan diadakan di National Arena Filip II, Makedonia. Kepastian ini membuat Makedonia akan menggelar kejuaraan klub UEFA untuk pertama kalinya.

Pertemuan keduanya nanti bisa jadi akan terasa spesial karena menghadirkan reuni dua mantan, yaitu Cristiano Ronaldo yang pernah bermain bersama MU dalam rentang waktu 2003 hingga 2009 dan Jose Mourinho yang merupakan mantan pelatih Real Madrid (2010 sampai 2013).

Real Madrid sendiri berstatus sebagai juara bertahan Piala Super UEFA setelah tahun 2016 lalu memenangkannya dengan mengalahkan Sevilla. Sementara itu, bagi Manchester United akan berusaha meraih gelar tersebut untuk kedua kalinya setelah terakhir kali meraihnya di tahun 1991 silam.