Platini menjadi calon unggulan untuk menggantikan Blatter

Platini masih ingin mencalonkan diri sebagai presiden FIFA

Michel Platini masih ingin menggantikan Sepp Blatter sebagai presiden FIFA, meskipun menjalani larangan 90 hari sementara klaim korupsi itu diselidiki.

Presiden UEFA, Platini ditangguhkan ketika hasil penyelidikan FIFA melaporkan ia telah menerima pembayaran 1.35 juta Pounds dari Blatter pada tahun 2011.
Mantan pemain berusia 60 tahun itu mengatakan kepada surat kabar Perancis, Le Monde dia tidak melakukan kesalahan dan “tentu masih ingin” mencalonkan diri dalam pemilihan presiden FIFA pada bulan Februari.

“Sangat memalukan saya harus diseret melalui lumpur seperti ini,” kata Platini. “Saya telah ditangguhkan selama tiga bulan, tapi yang paling membuat saya jengkel adalah saya dianggap sama seperti yang lain. “Pengacara saya mengikuti proses penyelidikan yang dilakukan FIFA dan akan membawa kasus ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga jika dibutuhkan.” Pada bulan Juni, Blatter mengumumkan ia akan meninggalkan posisinya sebagai presiden badan sepak bola dunia tersebut, meskipun ia juga menjalani larangan 90 hari, tetapi juga membantah melakukan kesalahan.

Platini, yang telah menjabat sebagai presiden badan sepak bola Eropa, UEFA sejak tahun 2007, telah menjadi calon unggulan untuk menggantikan Blatter, pria asal Swiss yang saat ini berusia 79 tahun, dan masih percaya bahwa dia akan memiliki dukungan yang cukup untuk melakukannya. “Saya tidak berpikir saya telah kehilangan banyak dukungan karena skandal ini,” tambahnya. “Orang-orang yang mengenal saya tahu bahwa saya dapat melihat diri saya sendiri di cermin. “Saya tidak suka kalah. Terutama atas dasar skandal yang tidak benar.”

‘Berapa Banyak Yang Anda Inginkan?’ ‘Satu Juta’

Komite etika FIFA menyelidiki pembayaran 2 juta Swiss Franc yang diterima Platini pada tahun 2011 untuk pekerjaan yang dikatakan telah dilakukan lebih dari sembilan tahun sebelumnya. Platini mengklaim Blatter meminta untuk bertemu dengannya sebelum Piala Dunia 1998 di Perancis dan ingin agar ia menjadi presiden FIFA, sedangkan Blatter mengambil alih jabatan sekretaris jenderal.

“Saya tidak tertarik,” kata Platini. “Saya fokus pada Piala Dunia dan tidak melihat diri saya sebagai presiden.” Dia mengatakan keduanya bertemu lagi dua bulan kemudian, dengan Blatter meminta Platini untuk menjadi penasihat sepak bola dan bertanya berapa banyak uang yang ia inginkan. Platini menambahkan: “Saya mengatakan ‘sejuta’ ‘Satu juta apa?’. “Apa pun yang Anda inginkan: rubel, pound, dolar.” Dia mengatakan, ‘OK, 1 juta Swiss franc setahun.’ Meskipun mungkin terdengar luar biasa, itulah yang terjadi. “