Lucas Leiva akui kalau kecilnya peluang tampil menjadi alasannya yang utama untuk keluar dari Liverpool. Pemain gelandang yang berasal dari Brasil tersebut merasa Lazio dapat berikan dirinya lebih banyak peluang.

Lucas secara resmi telah keluar dari Liverpool pada hari Selasa (18/7/2017) usai selama 1 dekade bermain untuk klub itu. Pemain yang berumur 30 tahun tersebut pindah ke Serie A usai terima penawaran dari Lazio.

Sepanjang dirinya bermain untuk The Reds, Lucas tampil di 346 laga dan menangkan trofi Piala Liga Inggris pada musim 2011/2012. Tetapi, ia hanya 12 kali bermain sebagai starter di ajang Premier League musim kemarin sebab kerepotan berselisih dengan Emre Can, Jordan Henderson, dan Georginio Wijnaldum.

Oleh sebab itu, demi waktu bermain seperti apa yang di harapankan olehnya, Lucas pilih untuk berganti klub walau dengan berat hati.

“Ini merupakan salah satu klub paling besar di dunia dan saya sesungguhnya ada niat untuk akhiri sisa karier saya di tempat ini, namun makin jarang kesempatan saya untuk tampil, saya semakin sadar kalau saya perlu pindah ke klub lain kalau ingin main sebanyak yang saya mampu,” ucap Lucas pada surat perpisahannya dengan Liverpool.

“Saat Anda cinta dengan sebuah klub dan sebuah kota seperti yang saya cintai Liverpool, hal tersebut bukanlah pilihan yang mudah. Hal yang amat mudah yang dapat saya perbuat ialah tetap berada di tempat ini selama yang saya dapat lakukan, walau saya tahu tidak akan main amat sering. Tetapi, hal tersebut bakal bertentangan dengan semua yang saya percaya sebagai seorang pemain sepakbola dan seorang kompetitor.

“Sebab alasan tersebutlah saya bakal bergabung dengan Lazio, yang artinya kesedihan saya sekarang keluar dari Liverpool bakal disertai dengan sebuah antusiasme nyata sebab saya bakal bermain untuk sebuah klub besar Italia.

“Sebelum saya ambil pilihan untuk peluang hijrah ke Italia, saya lakukan diskusi keadaan saya dengan Juergen Klopp dan cara ia berhadapan dengan hal ini sekali lagi menunjukkan seberapa ia menghargai para pemainnya. Saya ucapkan terima kasih padanya dan semua manajer yang sempat bekerja dengan saya di Liverpool, khususnya mereka yang percaya dengan saya saat lakukan hal sebaliknya bakal makin mudah.

“Prioritas saya saat ini ialah menatap babak baru dalam masa depan saya dengan kepercayaan sampai saya dapat beri kontribusi untuk Lazio seperti saat saya menolong Liverpool,” imbuh Lucas.

Bersama Lazio, Lucas berkesempatan bermain dengan reguler untuk gantikan posisi Lucas Biglia yang belum lama ini pindah ke AC Milan.