Mike SvilarMile Svilar memecahkan rekor sebagai kiper termuda yang tampil di Liga Champions, mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang Iker Casillas. Tapi dia justru melakukan kesalahan fatal di laga debutnya.

Mile Svilar merupakan kiper muda Benfica yang dikontrak lima tahun mulai 28 Agustus 2017 silam. Svilar membuat debut profesional pertamanya pada 14 Oktober 2017 saat Benfica mengalahkan Olhanense 1 – 0 di Piala Liga Portugal.

Nah, pada hari Kamis (19 Oktober 2017) dinihari WIB, penjaga gawang berkebangsaan Belgia itu kembali membuat debut, kali ini di ajang Liga Champions. Pelatih Rui Vitoria memainkan Svilar sebagai starter untuk menggantikan Julio Cesar yang duduk di bangku cadangan.

Penampilannya itu membuatnya mencetak rekor baru di Liga Champions. Svilar saat ini berstatus sebagai kiper termuda yang main di Liga Champions dengan usai 18 tahun 52 hari. Dia memecahkan rekor milik Casillas yang membuat debut di usia 18 tahun 117 hari pada 1999.

Sial untuk Svilar, debutnya di Eropa tidak berjalan mulus setelah melakukan blunder dalam mengantisipasi tendangan bebas Marcus Rashford. Svilar awalnya agak keluar dari garis gawang saat bola dilepaskan Rasford, namun bola justru diarahkan ke tiang jauh, yang membuat Svilar kesulitan hingga menangkap bola di dalam gawang. MU pun membwa pulang tiga poin berkat kemenangan 1 – 0 dari blunder tersebut.

Setelah pertandingan berakhir, beberapa pemain MU berusaha menghibur si kiper. Romelu Lukaku, yang sama-sama berasal dari Belgia tampak memberi nasehat kepada Svilar.

Nemanja Matic juga mengikuti Lukaku. Dia menghampiri dan memeluk kiper yang direkrut oleh Benfica dari tim junior Anderlecht itu. Pelukan itu seolah untuk mengurangi kekecewaan Mile Svilar dalam laga debutnya di Liga Champions.

“Kami mencetak gol dari tendangan bebas Marcus Rashford dan kami punya banyak peluang. Kami bermain bagus di babak kedua dan bermain cukup oke untuk membawa pulang. Ini tidak mudah untuk kami, tapi kami berhasil menang,” kata Nemanja Matic seperti dikutip Daily Star.

“Ini adalah sepakbola dan saya tahu dia adalah seorang kiper muda yang hebat dan saya percaya dia akan semkain bagus di masa mendatang,” tegas Nemanja Matic.