Mateo Kovacic Piala Dunia 2018Tim nasional Kroasia merupakan timnas sepak bola dari yang berasal dari satu negara di Eropa dan menjadi salah satu tim kuda hitam dalam tiap turnamen yang mereka ikuti.

Kroasia merupakan negara pecahan dari Yugoslavia di awal 90an. Kini Kroasia banyak menelurkan pemain bintang yang bermain untuk klub-klub raksasa Eropa. Nama-nama top macam Luka Modric, Ivan Rakitic dan Mario Mandzukic merupakan pemain langganan Kroasia yang selalu main di event internasional.

Prestasi terbaik kesebelasan Kroasia di turnamen internasional adalah posisi 3 Piala Dunia 1998 Prancis. Namun sejak saat itu, Luka Modric dan kawan-kawan selalu gagal di babak awal, meski sempat melaju ke perempat final Piala Eropa 2008.

Sekarang kursi kepemimpinan tim nasional Kroasia dipercayakan oleh sang pelatih Ante Cacic. Ia memberi harapan baru untuk memberi prestasi bagi Kroasia, setidaknya di kompetisi Piala Dunia 2018 Rusia.

Para pemain Kroasia pun banyak yang bermain di klub besar. Nama pemain Kroasia terbaru seperti Luka Modric, Ivan Perisic, Marcelo Brozovic dan Nikola Kalinic menjadi ujung tombak Kroasia. Ditambah lagi dengan pemain muda Kroasia yang mengisi formasi Kroasia di tiap pertandingan seperti Marko Rog dan Mateo Kovacic.

Mateo Kovacic sendiri sebenarnya jarang dimainkan di Real Madrid namun disertakan Kroasia pada Piala Eropa 2016. Walaupun tidak masuk dalam starting eleven pelatih Zinedine Zidane merasa tenaga mantan penggawa Dinamo Zagreb tersebut tetap dibutuhkan, setidaknya untuk melepas skuat yang ada.

Itulah yang jadi alasan mengapa tim nasional Kroasia memanggil Kovacic. Selain itu, Kroasia yang bisa dibilang memiliki kategorisasi sepakbola menengah. Bagi negara-negara sepakbola menengah, tidak dimainkan pun tidak masalah yang paling penting adalah bermain di klub besar lima liga top di Eropa.