ronald-koemanJuru taktik Everton, Ronald Koeman, terkesan malu-malu ktika ditanya tentang kesempatan timnya untuk mengulangi “dongeng” Leicester City di Premier League musim lalu. Koeman masih melihat lima laga Premier League belum menjamin apapun.

The Toffees mengawali kiprahnya musim Premier League kali ini dengan impresif. Sampai pekan kelima, klub tetangga dari Liverpool ini mereguk empat kemenangan dan satu hasil imbang.

Everton sekarang bercokol di urutan kedua klasemen di belakang Manchester City. Tak pelak mereka masuk dalam jajaran favorit untuk mengulang kesuksesan Leicester musim lalu yang menjadi juara kendati sama sekali tidak difavoritkan.

Akan tetapi Koeman masih tak yakin dengan itu. Menurutnya, apa yang telah dilalui sejauh ini bukan tolak ukur kesuksesan di akhir musim.

“Musim lalu tak seorang pun mengira Leicester juara. Itu tidak bisa terjadi lagi. Anda bisa berekspektasi tinggi karena kami menjalankan tugas dengan sangat bagus. Namun saya pikir anda tahu bila lima laga adalah sesuatu yang amat dini untuk memprediksikan kesuksesan akhir musim,” kata Koeman kepada ESPN.

“Perbedaan kami dengan musim lalu ialah mungkin kurang tajam di lini serang, itulah yang kami perbaiki. Tim kami berorganisasi dengan dan kami mampu melakukan clean sheet serta kualitas menyerang, itu bagus. Mereka seperti itu karena yakin dan benar-benar kuat,” ujarnya.

Everton sempat membuat start di liga dengan hasil seri menghadapi Tottenham Hotspur. Akan tetapi selanjutna mereka meraih kemenangan 2-1 atas West Bromwich Albion, 1-0 atas Stoke City, 3-0 atas Sunderland dan kemenangan terbaru atas Middlesbrough dengan skor 3-1.