jurgen kloppPada awal kedatangannya di Anfield Stadium, kepala Juergen Klopp harus putar otak melihat skuatnya yang sangat minim. Sekarang Klopp pun bisa dengan mudah mencari solusi ketika timnya menemui kebuntuan.

Saat Klopp datang, sudah dua punggawa Liverpool, Joe Gomez dan Danny Ings, cedera parah sampai akhir musim akibat di bagian ligamen lutut. Hal itu membuat stok penyerang menipis dengan hanya menyisakan Divock Origi serta Christian Benteke.

Performa Benteke pun juga tak maksimal, sedangkan Origi sempat absen cukup lama sehingga Klopp cuma bisa bertumpu pada Benteke seorang di lini depan. Bahkan ia tak jarang memainkan Firmino sebagai ujung tombak dan The Reds sempat kering gol.

Usai badai di lini serang, Liverpool diterpa krisis besar dari barisan belakang yang mana empat pilar penting yaitu Martin Skrtel, Mamadou Sakho, Dejan Lovren, dan Kolo Toure cedera bersamaan. Klopp pun terpaksa memanggil sejumlah pemain dari akademi.

Namun nasib Klopp berubah memasuki bulan Maret yang di mana menjadi masa-masa krusial menjelang akhir musim. Lihat saja dalam dua partai terakhir Liga Primer Inggris, bangku cadangan Liverpool menumpuk dari penjaga gawang sampai striker.

Ketika menghadapi Crystal Palace kemarin, Liverpool memiliki Kolo Toure, Jordon Ibe, Philippe Coutinho, Daniel Sturridge, dan Benteke di bench. Saat mereka tertinggal 0-1 dan tampil dengan 10 pemain, Klopp melakukan beberapa pergantian.

Coutinho masuk dan mereka berhasil menyamakan kedudukan melalui Firmino di menit ke-72 kendati golnya berbau keberuntungan. Sedangkan Benteke yang masuk pada menit 80 jadi pahlawanan kemenangan tim berkat eksekusi penalti di masa injury time.

“Anda harus tahu, saya tak pernah memiliki bench dengan kualitas seperti ini dalam 15 tahun karier kepelatihan saya – bench seperti ini sangat luar biasa,” ujar Klopp usai laga yang berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan timnya.

“Andai anda memiliki bench seperti ini, anda tahu anda memiliki skuat bagus di lapangan, namun kami menginginkan tim terbaik karena Crystal Palace lawan berat. Kami mengetahui itu di pertemuan pertama dan sekarang kami membalas kekalahan itu. Saya pikir situasi saat ini baik-baik saja,” sambungnya seperti dikutip Soccerway.