henrikh mkhitaryanPada jendela transfer musim panas nanti, Henrikh Mkhitaryan jadi pemain paling kerap menjadi headline berita-berita internasional. Miki, begitu dia dipanggil, dikabarkan segera meninggalkan timnya, Borussia Dortmund.

Raksasa Liga Primer Inggris, Manchester United, ditengarai bakal jadi destinasi Mkhitaryan selanjutnya. Manajemen United bersedia memabayar senilai 30 juta pounds atau setara dengan Rp 528 miliar.

Bahkan menurut rumor yang berkembang, dia akan segera melakukan tes medis di Manchester akhir pekan nanti bersama bintang Swedia, Zlatan Ibrahimovic.

Siapa sebenarnya Mkhitaryan? Gelandang 27 tahun ini lahir di Yerevan, Armenia yang mengawali kiprahnya bersama Pyunik, Metalurh Donetsk, dan Shakhtar Donetsk sebelum bergabung dengan Borussia Dortmund. Ia beroperasi seabgai gelandang serang dan telah mengumpulkan 59 caps dan 19 gol bersama timnas Armenia.

Miki sendiri sudah punya darah sepakbola. Ayahnya, Hamlet, merupakan seorang bekas pesepakbola klub lokal Ararat Yerevan, dan dua kali memperkuat timnas Armenia. Ayahnya meninggal ketika Miki baru menginjak usia tujuh tahun. Ibunda Miki, bekerja untuk Federasi Sepakbola Armenia, sedangkan saudara perempuannya bekerja di UEFA.

Barulah saat membela Shakhtar, nama Miki mulai dikenal publik. 25 gol ia kemas dalam 29 laga sepanjang musim 2012-2013. Hal tersebut membuat Die Borussen rela merogoh kocek sedalam £21,5 juta. Tiga tahun berada di Signal Iduna Park, dia mencetak 23 gol.

Apabila nanti Miki betul-betul mendarat di Old Trafford, ia diyakini bakal mengambil posisi Juan Mata yang kemungkinan tak masih dalam skema Jose Mourinho musim depan.

Kemampuannya mengolah bola dan membaca permainan menuai banyak pujian, salah satunya adalah bekas manajernya di Dortmund, Jurgen Klopp “Dia pemain yang cocok dengan visi sepakbola saya, dia memberi apa yang saya inginkan,” dikutip Express.