Josep Maria BartomeuMulai kompetisi musim depan klub-klub Inggris bakal mendapatkan tambahan uang besar dari kontrak hak siar baru. Barcelona yang mengetahui kondisi itu pun merasa cemas.

Dana sebesar 5,1 miliar poundsterling bakal diberikan kepada 20 klub Premier League mulai musim depan untuk tiga musim ke depan. Nominal yang amat fantastis itu didapat usai Premier League menyepakati hak siar televisi yang baru tahun 2015 kemarin.

Dengan tambahan dana melimpah yang bila dirata-tara setiap klub bakal diganjar 85 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,6 triliun per musim, klub Premier League tentu mempunyai kekuatan lebih dalam urusan transfer. Hal ini yang dianggap Los Cules sebagai ancaman.

Uang banyak dari klub-klub Inggris bakal menandingi penawaran kontrak dan gaji yang diberikan Tim Katalan, situasi yang belum pernah terjadi dalam beberapa tahun belakangan.

“Klub-klub dari Inggris akan memiliki kondisi keuangan yang fantastis dan jujur kami cemas. Premier League dianggap sebagai turnamen sepakbola terbaik. Mereka memiliki jumlah suporter terbesar dan pemasukan tertinggi,” ucap Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu.

“Mereka bekerja sangat baik dan memberikan kesetaraan kepada klub-klub yang ada di dalamnya demi keuntungan bersama. Kami punya dana yang berbeda di Spanyol dan akan sulit buat tim seperti Leicester bisa berada di puncak klasemen,” lanjut dia seperti dikutip dari Eurosport.

La Liga Spanyol dan Premier League sendiri mempunyai sistem yang amat berbeda dalam pendistribusian pendapatan soal hak siar televisi. Hal inilah yang kemudian membuat situasi timpang, yang mana Real Madrid dan Barcelona mendapat pemasukan lebih banyak dari klub lain.

Tidak hanya cemas bakal kalah bertarung dalam perebutan pemain, Barcelona juga khawatir jika pemain-pemain hasil akade sepakbola La Masia bakal dengan gampangnya ke Premier League jika mendapat tawaran besar.

“Rival kami ialah Premier League, mereka rival yang berat. Kami wajib melakukan hal terbaik guna meningkatkan pemasukan dan situasi keuangan sehingga pemain yang kami miliki tidak pergi.”