per-mertesackerPemain bertahan Arsenal, Per Mertesacker mengatakan jika kondisi kebugarannya sudah tidak sekuat dulu lagi untuk bermain sepakbola. Ada kemungkinan Mertesacker akan gantung sepatu pada musim panas ini.

Keputusan Mertesacker ini juga karena pengaruh dari cedera lutut yang dia alami di sepanjang musim 2016/2017. Dia bahkan baru bisa tampil di atas lapangan menjelang akhir musim sebanyak dua pertandingan.

Salah satu pertandingan itu adalah ketika dia menjadi kapten Arsenal ketika mengalahkan Chelsea di final Piala FA dengan skor 2 – 1 pekan lalu. Mertesacker diturunkan oleh Arsene Wenger pun karena Arsenal dilanda krisis bek tengah setelah Laurent Koscielny dan Gabriel cedera, sementara Shkodran Mustafi sakit.

Dengan usia yang akan menginjak angka 33 tahun di 2017 ini, Mertesacker merasa fisiknya sudah terkuras habis dan sudah tidak bisa lagi mengikuti gaya permainan sepakbola. Akhirnya pria berkebangsaan Jerman itu tengah mempertimbangkan kemungkinan mundur dari sepakbola dan melanjutkan kariernya di belakang meja, sebagai bagian dari manajemen Arsenal.

“Karier saya terbilang sangat beruntung dan saya ingin mengakhirinya ketika karier saya masih ada di atas. Saya masih bersemangat, tapi tidak bisa bermain lagi setiap tiga hari. Saya tidak ingin memaksakan diri,” ujar Per Mertesacker kepada Sport1.

“Saya sudah menemui pelatih dan bilang padanya bahwa saya sudah lelah secara fisik dan mental. Ini pertama kalinya saya berpikir seperti itu dalam karier, dan saya pun akan pensiun. Saya tidak akan mendapat kesempatan main walaupun sudah berlatih keras.”

“Tim ini sangat cepat melakukan pergantian pemain, saya tidak ingin menghalangi siapapun untuk bermain. Saya tidak menyangka bisa memenangkan Piala FA di masa-masa akhir karier saya.”

Mertesacker sendiri mulai memperkuat Arsenal sejak musim panas 2011 setelah didatangkan dari Werder Bremen. Dia membuat 210 penampilan di seluruh kompetisi dengan torehan tiga gelar Piala FA dan mencetak delapan gol.

Tiga tahun lalu setelah mengantarkan tim nasional Jerman memenangkan Piala Dunia 2014, Mertesacker pun langsung pensiun dari timnas dengan total 104 penampilan dan empat gol.

“Arsenal ingin tetap mempertahankan saya dan kami sudah melakukan pembicaraan. Sepertinya saya akan berkarier di bidang lain. Saya akan mendukung tim dengan peran lain,” kata Per Mertesacker sambil mengakhiri pembicaraan.