LiverpoolKemenangan Liverpool atas Manchester City bukan hanya berarti tiga poin. Kemenangan ini membuktikan jika The Reds tetap tangguh walau sudah ditinggalkan oleh salah satu pemain terbaiknya, Philippe Coutinho.

Liverpool memainkan pertandingan pertamanya pasca kepergian Coutinho ke Barcelona. Kepergian Coutinho sempat dikhawatirkan akan melemahkan Liverpool karena pemain asal Brasil itu tampil apik sejauh ini dengan torehan 12 gol dan 9 assistnya.

Tak main-main, tim yang jadi lawan The Reds adalah penguasa klasemen sementara, Manchester City. Sebelum pertandingan di Anfield, Minggu (14 Januari 2018), The Citizens belum tersentuh kekalahan dengan mencatatkan 20 kemenangan dan dua hasil imbang.

Pada akhirnya, Liverpool berhasil menang 4-3 sekaligus memberi kekalahan pertama untuk Manchester City di Premier League. Setelah imbang 1-1 di babak pertama, Liverpool tancap gas di paruh kedua untuk melebarkan keunggulan.

Tanpa Coutinho, berisan penyerangan Liverpool masih tetap menakutkan. Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah yang diturunkan di barisan penyerang mencetak gol dalam kurun waktu 10 menit untuk membawa tim tuan rumah memimpin 4-1 atas City. Meski tim tamu sempat memberikan tekanan, kemenangan akhirnya mampu diamankan oleh pasukan Juergen Klopp itu.

Klopp pun memuji penampilan Liverpool dalam pertandingan ini. Menurut Klopp, timnya berhasil membuktikan bahwa Liverpool baik-baik saja tanpa Coutinho.

“Kemenangan ini sangat penting untuk kami. Ini menunjukkan bahwa bermain tanpa Philippe Coutinho itu mungkin dan kami berhasil melakukannya. Jadi ini jelas adalah pernyataan yang sangat penting,” jelas Juergen Klopp

Berkat kemenangan ini, Liverpool berhasil menggeser Chelsea dari peringkat tiga klasemen sementara Premier League dengan perolehan 47 poin dari 23 pertandingan. Mohamed Salah dan kawan-kawan unggul selisih gol atas The Blues.