Ketika tim-tim Italia lain satu per satu tersingkir, Juventus melaju kencang tanpa henti. Bianconeri pun kini menjadi satu-satunya andalan untuk menjaga kebanggaan Italia di kancah Eropa.

Italia diwakili oleh enam klub di kompetisi antar klub Eropa musim ini. Mereka antara lain adalah: Juventus, Napoli, dan AS Roma tampil di Liga Champions, sedangkan Fiorentina, Sassuolo, dan Inter Milan tampil di Liga Europa.

AS Roma gagal menembus fase grup Liga Champions setelah dikalahkan oleh FC Porto di babak play-off. Il Giallorossi pun turun kasta ke Liga Europa. Sementara Napoli hanya sampai babak 16 besar. Il Partenopei tersingkir usai dikalahkan oleh juara bertahan, Real Madrid.

Sementara itu, di arena Liga Europa, wakil Italia tersingkir semua saat kompetisi baru sampai di babak perempat final. Sassuolo dan Inter Milan gagal lolos ke fase grup, Fiorentina terhenti di babak 32 besar, sedangkan AS Roma terhenti di babak 16 besar.

Dengan demikian, sekarang hanya ada Juventus yang satu-satunya masih bertahan di Eropa. Bianconeri baru saja memastikan diri lolos ke partai final setelah mengalahkan AS Monaco di babak semi final dengan agregat 4 – 1.

“Ini adalah hasil yang sangat bagus. Ini menunjukkan bahwa sepakbola Italia masih bisa bersaing di kompetisi Eropa. Kami berharap agar kami bisa meraih hasil yang baik di Cardiff dan kami semua bersama Juventus,” ujar Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Carlo Tavecchio.

Juventus kini tinggal menunggu lawan yang akan mereka hadapi di final pada 3 Juni 2017 mendatang. Gonzalo Higuain dan kawan-kawan akan menghadapi salah satu diantara Real Madrid atau Atletico Madrid di partai puncak.

“Saya mengharapkan sebuah festival olahraga, dua klub raksasa yang akan saling bertanding di kompetisi tertinggi sepakbola Eropa dan mereka tentunya akan bermain dengan permainan terbaik mereka,” kata Tavecchio.