Tidak sama dengan biasanya, sang juara Liga Europa sekarang ini bakal secara langsung lolos ke tahap grup ajang Liga Champions pada musim berikutnya. Inilah alasan dibalik itu semua.

Sedari musim 2014-2015, kampiun ajang Liga Europa raih tempat ke ajang Liga Champions pada musim selanjutnya biarpun hanya tiket untuk bermain di tahap play-off. Yang berarti, terus ada kesempatan untuk tergusur di tahap tersebut sampai belum juga bermain di Liga Champions.

Namun, pada musim ini Ajax ataupun sekalipun Manchester United sudah pasti akan bermain pada tahap grup di ajang Liga Champions pada musim depan kalau keluar sebagai pemenang pada partai final yang akan berlangsung pada hari Kamis (25/5/2017) dinihari WIB.

Hal ini tentu saja menjadi hal menaring tambahan bagi kedua tim, dengan khusus MU yang berada di liga hanya layak bermain di Liga Europa pada musim berikutnya — Ajax menjadi runner-up Eredivisie dan telah layak dengan tiket kualifikasi tahap ketiga di ajang Liga Champions.

Kemudian seperti apa itu dapat terjadi? Ini berhubungan dekat dengan status 2 buah tim finalis Liga Champions musim 2016-2017, yaitu Real Madrid dan Juventus.

Sesungguhnya, juara Liga Europa bakal mencatat langkah menuju Liga Champions musim selanjutnya dengan jalan play-off terkecuali; mereka telah pastikan tiket ke tahap grup lewat tempat di liga domestik ATAU tim juara di ajang Liga Champions telah pasti akan raih posisi di tehap grup ajang tersebut di musim selanjutnya lewat tempatnya di liga domestik, “Memperlihatkan pelimpahan bagian untuk juara Liga Europa sampai dapat langsung lolos ke tahap grup.”

Seperti yang sudah diketahui, Real Madrid dan Juventus telah menjadi juara di liga masing-masing, Spanyol dan Italia dengan berturut-turut, sampai mereka juga sudah pastikan sebuah posisi di tahap grup Liga Champions pada musim berikutnya. Maka jadilah seorang pemenang di Liga Europa sekarang ini layak raih banyak bagian untuk lekas masuk ke tahap grup di ajang Liga Champions musim yang akan datang.

– Kalau MU juara di Liga Europa musim 2016-2017 maka Inggris bakal miliki 5 bagian di Liga Champions musim berikutnya, karena The Red Devils menempati tempat di luar urutan 4 besar.

– Melihat Ajax telah berada di urutan kualifikasi ajang Liga Champions lewat liga domestiknya, Belanda tak bakal raih giliran tambahan kalau Ajax menjadi juara di Liga Europa sekarang ini.