Cruyff pemenang tiga kali Ballon d'Or

Johan Cruyff didiagnosis mengidap kanker paru-paru

Pemain besar dari Belanda, Johan Cruyff telah didiagnosis mengidap kanker paru-paru.

Mantan pemain Ajax berusia 68 tahun itu menerima kabar atas penyakitnya itu pekan ini setelah menjalani sejumlah tes. Cruyff, pemenang tiga kali Ballon d’Or, membantu negaranya mencapai final Piala Dunia 1974, di mana mereka kalah dari Jerman Barat. Ia juga memenangkan tiga Piala Eropa berturut-turut dengan Ajax dan melanjutkan untuk bermain dan kemudian menjadi manajer di Barcelona, dan kedua klub tersebut mengirimkan pesan dukungan untuk mantan pemain mereka.

Mantan kiper Ajax, Manchester United, Juventus dan Fulham, Edwin van der Sar, yang sekarang menjadi direktur di klub Belanda tersebut mengatakan: “Atas nama klub, saya berharap Johan dan keluarganya diberi kekuatan dan semoga dia cepat sembuh.” Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu men-tweet: Johan, Anda akan memenangkan pertarungan ini juga. Seluruh klub mendukung Anda..” Saat bermain untuk klub Spanyol itu, ia memimpin mereka untuk meraih kemenangan pertama mereka di Piala Eropa pada tahun 1992 dan Piala Eropa Cup Winners pada tahun 1989. Mereka juga memenangkan empat gelar La Liga berturut-turut di musim 1990-91 hingga musim 1993-1994.

Secara luas, ia dianggap sebagai salah satu pemain terbesar sepanjang masa, Cruyff menjalani operasi bypass jantung ganda pada tahun 1991. Setelah sebelumnya merupakan seorang perokok, ia segera berhenti setelah menjalani operasi dan mengganti kebiasaannya itu dengan mengisap lolipop di ruang istirahat. Dia tampil dalam iklan departemen kesehatan Catalan, mengatakan: “Sepakbola telah memberi saya segalanya dalam hidup, tembakau hampir mengambil semua itu.” Karir manajerial terakhirnya adalah di tim nasional Catalonia, di mana dia menjabat sebagai manajer dari tahun 2009 hingga 2013.