ItaliaKekalahan dari Spanyol mengurangi peluang kelolosan tim nasional Italia. Namun, manajer timnas Italia, Giampiero Ventura tidak menyimpan keraguan sedikitpun bahwa timnya akan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Gli Azzurri dihajar La Furia Roja 3 gol tanpas balasa dalam lanjutan kualifikasi Grup G di Santiago Bernabeu, akhir pekan lalu. Sepanjang pertandingan, Italia tidak banyak bergerak sehingga kebobolan gol-gol Isco (2 gol) dan Alvaro Morata.

Hasil itu menempatkan Italia di peringkat kedua klasemen dengan perolehan 16 poin, tiga poin di bawah pemimpin grup Spanyol. Dengan tiga pertandingan sisa, tidak bisa dipungkiri Italia akan sulit bisa merebut posisi puncak dari Spanyol untuk lolos otomatis.

Lolos melalui babak playoff merupakan cara yang paling realistis bagi pasukan Gianluigi Buffon dan kawan-kawaran. Dan Ventura optimistis Italia masih bisa lolos lewat jalur itu.

“Ketika kami memulainya, kami sudah tahu jika hanya juara grup yang bisa lolos langsung. Tentu saja kalau Anda bukan unggulan pertama dan Anda bermain melawan Spanyol, Anda harus menyadari bahwa Anda masih bisa lolos melalui babak playoff,” ungkap Gli Azzurri seperti dilansir dari di SoccerWay.

“Sebenarnya, itu yang hampir semua orang pikirkan saat itu. Kami memang tidak tampil bagus pada hari Sabtu dan Spanyol layak menang. Tapi kami akan menjalani playoff, tapi kami yakin kami akan bermain di Piala Dunia.”

Presiden FIGC (Federasi Sepakbola Italia) Carlo Tavecchio menganggap sebuah bencana apabila Italia sampai gagal lolos ke Piala Dunia. Kini Gli Azzurri fokus untuk meraih kemenangan wajib melawan Israel, Rabu (6 September 2017) dinihari WIB.

“Setuju dengan apa yang dikatakan oleh Presiden Federasi, bahwa gagal lolos ke Piala Dunia akan sangat buruk. Tapi kami tidak memikirkan itu sekarang. Kami hanya akan memikirkan pertandingan melawan Israel. Kami perlu kemenangan untuk lolos ke playoff,” kata Gli Azzurri menegaskan.