ItaliaTim nasional Italia berhasil meraih kemenagan saat berhadapan dengan kesebelasan Uruguay dalam laga uji coba. Tidak tanggung-tanggung, Gianluigi Donnarumma dan kawan-kawan menggilas La Celeste dengan skor telak 3 – 0.

Berhadapan dengan Uruguay di Allianz Riviera Stadium, Nice, Prancis, Kamis (8 Juni 2017) dinihari WIB, Italia memainkan kiper muda mereka, Gianluigi Donnarumma. Andrea Belotti dan Ciro Immobile menjadi andalan di sektor penyerangan dengan didukung oleh Lorenzo Insigne dan Antonio Candreva.

Sementara itu, Uruguay bermain dengan banyak pemain lapis keduanya. Pemain pemain bintang seperti Luis Suarez dan Edinson Cavani tidak masuk dalam daftar, sementara di sektor belakang, Diego Godin juga tidak dimainkan.

Gli Azzurri sudah unggul 1 – 0 pada menit ketujuh melalui gol bunuh diri dari Jose Gimenez. Gimenez yang bermaksud merebut bola dari Belotti justru menendang bola ke gawangnya sendiri. Hanya itulah gol yang tercipta di sepanjang babak pertama.

Tim asuhan Giampiero Ventura ini baru bisa mencetak gol kedua pada menit ke-82 melalui gol Eder. Eder yang berdiri sendirian di kotak penalti gawang menyundul bola kiriman dari Manolo Gabbiadini untuk mengantarkan timnya sementara unggul 2 – 0.

Sesaat sebelum laga usai, Italia menyempurnakan kemenangan mereka melalui gol penalti Daniele De Rossi. Penalti tersebut diperoleh Italia setelah Gimenez dianggap melanggar Stephan El Shaarawy. De Rossi yang dipercaya menjadi eksekutor berhasil menaklukkan kiper Fernando Muslera.

Tim nasional Italia selanjutnya akan berhadapan dengan Liechtenstein dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018, pada hari Minggu (11 Juni 2017) dinihari WIB mendatang.

Susunan Pemain
Italia: Donnarumma; Darmian, Barzagli (Chiellini 78), Bonucci, Spinazzola; Marchisio (Montolivo 18), De Rossi; Candreva (Bernardeschi 57), Immobile (Gabbiadini 82), Belotti (Eder 46), Insigne (El Shaarawy 64)
Uruguay: Muslera; Maxi Pereira (Corujo 82), Gimenez, Coates, Caceres; Sanchez (Stuani 46), Nandez, Vecino, Gonzalez; Urretaviscaya, Rolan (A Silva 72)