Iran adalah negara yang kedua, serta yang pertama menjadi wakil Asia, yang sudah pasti lolos ke ajang Piala Dunia 2018. Iran dapatkan hal tersebut setelah berhasil menangkan laga atas Uzbekistan.

Melangsungkan laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 yang berlangsung pada hari Senin (12/6/2017) malam waktu setempat di Azadi Stadium, Iran mendapat hasil oke dengan skor akhir 2-0. Cetak angka kemenangan Iran hadir lewat Sardar Azmoun dan Mehdi Taremi.

Hasil oke tersebut ikut membawa Iran catatkan 20 poin lewat 6 laga yang sudah dilalui, mereka sudah pasti bakal finis di urutan 1 atau 2 Grup A Kualifikasi Ketiga Piala Dunia 2018, walau tetap sisakan 2 laga lagi. Pada babak kualifikasi ketiga ini, 2 tim di urutan teratas grup lolos langsung, sedangkan urutan 3 paling oke masuk ke playoff.

Ini merupakan kedua kali dengan berturut-turut Iran berhasil masuk ke putaran final Piala Dunia, usai sebelumnya di Brasil 2014 kemarin mereka pun jadi salah satu calonnya. Selama ikut ambil bagian, ini merupakan kelima kalinya Iran masuk ke putaran final.

Keberhasilan Iran masuk ke ajang Piala Dunia 2018 masih berhubungan dengan polesan tangan dingin Carlos Queiroz. Bekas asisten pelatih Manchester United dan juga pelatih Tim nasional Portugal tersebut mulai memimpin Iran sedari tahun 2011 kemarin.

Iran jadi negara ke 2 yang berhasil masuk ke putaran final Piala Dunia 2018, disusul oleh Brasil yang lebih awal membuat kepastian ikut serta pada event itu.