Inggris mengalahkan Perancis di malam emosional

Inggris dan Perancis berfoto bersama pra-pertandingan

Alli 39 ‘
Rooney 48 ‘

Inggris mengalahkan Perancis pada pertandingan di malam yang emosional di mana lebih dari 70.000 orang penggemar memberikan pernghormatan bagi korban serangan Paris.

Para penggemar bersatu menyanyikan La Marseillaise – lagu kebangsaan Perancis – di depan Duke of Cambridge dan Perdana Menteri David Cameron di Wembley. Ada mengheningkan ciptan selama satu menit penuh, dengan para pemain dari kedua tim berdiri bersama-sama. Dele Alli mencetak gol pada pertandingan debutnya bagi tim nasional Inggris, mencetak gol dengan baik dari jarak 25 meter, sebelum tendangan voli dari Wayne Rooney memastikan kemenangan. Pertandingan ke 10 dan terakhir bagi Inggris di tahun kalender ini merupakan kemenangan yang ketujuh bagi mereka, namun ini adalah malam di mana hasil, taktik dan kinerja tim bukan menjadi hal yang utama.

Federasi Sepakbola Perancis memilih untuk tetap bermain dalam pertandingan ini meskipun serangan pada hari Jumat lalu yang terjadi di Paris menewaskan 129 orang. Rasa kesatuan yang sangat baik ditunjukkan ketika lagu kebangsaan Perancis dimainkan sebelum Inggris dan Perancis saling berbaur untuk foto tim pra-pertandingan yang mendapat tepuk tangan meriah dari tribun penonton.

Manajer Inggris, Roy Hodgson dan rekannya dari Perancis, Didier Deschamps saling merangkul setelah bergabung dengan Pangeran William, presiden Asosiasi Sepakbola Inggris, dalam meletakkan bunga untuk mereka yang tewas. Tim tamu hampir saja membuka skor ketika gelandang Crystal Palace, Yohan Cabaye, salah satu dari enam pemain Perancis yang bermain di Liga Premier, melepaskan tendangan yang masih sedikit melebar dari gawang lawan dari jarak 25 meter.

Hodgson membuat tujuh perubahan dari susunan tim yang bermain dalam kekalahan 2-0 oleh Spanyol Jumat lalu, dengan usia rata-rata starting line-up Inggris – 24 tahun 113 hari – usia termuda di bawah bos manajer Inggris saat ini. Alli, 19, menunjukkan kedewasaan yang bagus untuk membuka skor dari luar kotak penalti, gelandang Tottenham itu memulai pergerakannya dengan sebuah tackling sebelum akhirnya mencetak gol ke gawang lawan.

Rooney menggandakan keunggulan dengan tendangan voli jarak dekat dari operan silang Raheem Sterling, puncak dari sebuah langkah yang dimulai oleh Alli. Pemain depan Antoine Griezmann dan gelandang Lassana Diarra keduanya menerima tepuk tangan dari seluruh Wembley ketika mereka datang untuk Perancis.