Julian NagelsmannKlub papan bawah Bundesliga Hoffenheim mengejutkan dunia persepakbolaan karena menunjuk pelatih anyarnya yang masih berusia 28 tahun.

Pelatih baru Hoffenheim adalah Julian Nagelsmann yang terbilang masih sangat muda. Pemilihannya sebagai manajer kepala klub disebut telah membuatnya sebagai juru taktik termuda sepanjang bergulirnya sejarah Bundesliga.

Di usianya sekarang ini Nagelsmann bahkan masih lebih hijau ketimbang pemainnya sendiri macam Kevin Kuranyi yang berusia 33 tahun dan Eugen Polanski (29 tahun).

Nagelsmann sejatinya telah diproyeksikan menukangi Hoffenhim pada musim panas mendatang mendatang, dengan Huub Stevens dipercaya mendampingi skuat utama sampai periode tersebut.

Namun pekan ini Stevens resmi menanggalkan jabatannya empat bulan sebelum jadwal awal akibat masalah kesehatan. Hoffenheim lantas memutuska jika Nagelsmann, yang sebelumnya menangani tim U19, naik pangkat lebih cepat dengan ikatan kontrak tiga tahun.

“Kami punya tuga untuk mengurus tim dan tentu bersama dengan orang-orang yang terlibat,” kata Managing Director Hoffenheim Dr Peter Gorlich di laman web situs resmi klub yang dilansir Sky Sports.

“Bersama Julian, kami mempertimbangkan dengan semua risiko yang sudah kami pikirkan sejak musim panas lalu dan kini kami memutuskan bahwa hal terbaik adalah supaya dirinya memulai lebih cepat.”

“Dia sangat antusias dan juga bisa memberikan dampak besar,” tuturnya.

Pihak Hoffenheim meminta supaya dalam waktu dekatĀ  Nagelsmann bisa menyelesaikan semua lisensi kepelatihan yang dibutuhkan.