129 orang tewas dalam serangan Paris

Hodgson – ini bukan pertandingan persahabatan biasa

Inggris v Perancis
Tanggal: Selasa, 17 November
Waktu: 20:00 GMT
Tempat: Stadion Wembley

Pertandingan antara Inggris melawan Perancis di Wembley pada hari Selasa tidak akan menjadi “pertandingan persahabatan yang normal” menyusul serangan di Paris, demikian kata pelatih Roy Hodgson.

Sebanyak 129 orang tewas dalam serangan di ibukota Perancis pada hari Jumat lalu. “Saya tidak dapat menyangkal ada sesuatu hal yang jauh, jauh lebih besar dari pertandingan sepak bola,” kata Hodgson. Kepala eksekutif Asosiasi Sepakbola Inggris, Martin Glenn menambahkan bahwa pertandingan ini akan memiliki “arti global yang besar”.

Seorang jurnalis Perancis berkata pada 5 live: “Saya akan menangis ketika La Marseillaise dinyanyikan di Wembley.” Manajer Inggris Hodgson menambahkan: “Hal itu akan ada apakah kita suka atau tidak. Saya tidak pernah melihat dalam pertandingan sepak bola seperti ini sebelumnya..” Pertandingan antara Perancis dengan Jerman di Stade de France merupakan salah target dalam serangan hari Jumat tersebut.

Seorang warga Belgia telah diidentifikasi sebagai dalang dari serangan, dan pertandingan persahabatan Belgia dengan Spanyol pada hari Selasa di Brussels telah dibatalkan karena kekhawatiran akan aspek keamanan. Pemain Inggris mengheningkan cipta selama satu menit, yang dilakukan di seluruh Eropa pada pukul 11:00 GMT, hari Senin sebelum sesi latihan mereka.

Selama pertandingan hari Selasa, atap Wembley akan menyala dalam warna merah, putih dan biru, warna dari bendera Perancis untuk menunjukkan solidaritas. Petugas tambahan akan dikerahkan dalam pertandingan, termasuk polisi bersenjata. Layar di luar stadion menampilkan moto Perancis ‘liberte, egalite, fraternite’, dan sebelum kick-off kata-kata dari lagu kebangsaan Perancis – La Marseillaise – akan ditampilkan untuk setiap penggemar yang ingin bergabung menyanyikannya.

The Duke of Cambridge juga akan hadir, Kensington Palace telah memastikan. Pangeran William, yang adalah presiden FA, tidak dijadwalkan untuk pergi, tetapi memutuskan untuk hadir setelah serangan hari Jumat. FA memperkirakan stadion dengan kapasitas 90.000 orang itu akan dipenuhi penonton, dengan ribuan tiket dijual sejak terjadinya serangan Paris dan kurang dari 100 tiket yang dikembalikan.