Dele Alli tampil sangat cemerlang bersama Tottenham Hotspur di musim ini. Saking cemerlangnya, Alli sampai disebut sebagai salah satu pemain yang masuk dalam daftar belanja manajer Manchester City, Josep Guardiola di bursa transfer musim panas mendatang.

Sejauh musim ini berjalan, Alli mencetak sebanyak 20 gol untuk Tottenham Hotspurs. Tidak hanya mencetak banyak gol, pemain berkebangsaan Inggris ini juga rutin mencetak assist, yakni 11 assist dalam 41 penampilan untuk tim asal London utara itu.

Alli lantas dirumorkan menjadi target buruan dari beberapa klub raksasa Eropa. Salah satu yang paling santer dikabarkan berminat merekrutnya adalah raksasa La Liga, Real Madrid. Madrid sendiri menjadikan Alli sebagai target buruan setelah peluang mereka untuk merekrut Hazard tertutup.

Guardiola yang saat ini jadi pelatih Manchester City disebut oleh mantan anak asuhnya di Barcelona, Xavi Hernandez, akan mengejar sang pemain di musim panas untuk memperkuat timnya. Alli disebut sebagai pemain yang cocok untuk permainan tim yang dilatih Guardiola.

Guardiola bahkan dikabarkan sudah meminta direktur olahraga The Citizens, Txiki Begiristain untuk secepatnya melakukan pendekatan kepada Tottenham terkait kemungkinan merekrut Alli.

“Saya bertemu dan mengobrol dengan Pep, dan dia berkata kepada saya bahwa penting untuk bisa merekrut pemain dari Inggris,” kata Xavi seperti yang dilansir dari The Sun.

“Saya yakin bahwa di bursa transfer musim panas nanti, dia akan pergi ke seluruh penjuru Eropa untuk berburu pemain yang bisa memperkuat timnya. Tapi juga saya berharap dia untuk melihat ke Premier League.”

“Sekarang ini, salah satu pemain terbaik yang ada di Inggris dan di Eropa adalah Dele Alli. Saya bisa melihat bahwa dia merupakan salah satu pemain yang sangat spesial dan bisa menjadi bintang di masa depan.”

“Secara teknik dia adalah tipe pemain yang menjadi favorit Pep, tipe pemain yang cocok dengan gaya bermain yang disukai Pep untuk dimainkan bersama Manchester City,” imbuhnya.