pep guardiolaPep Guardiola baru setengah musim membesut Manchester City, usai meraup banyak kesuksesan di Barcelona dan Bayern Munich. Akan tetapi dia baru saja membuat kejutan, dengan menyatakan sudah berpikir menyudahi karier kepelatihan.

“Saya merasa jika proses mengucapkan selamat tinggal telah dimulai. Apa yang saya suka bayangkan, ialah masa depan yang lebih baik. Bila tidak, saya takkan berada di sini,” kata Guardiola, seperti dikutip dari Mirror, Selasa, 3 Januari 2017.

Ia menyatakan takkan melatih klub lagi ketika berusia 60 tahun, namun tidak bisa menggaransi apakah dengan usia yang masih 45 tahun, dia akan terus jadi pelatih selama belasan tahun.

“Tiga tahun di Manchester City, mungkin bisa lebih lama lama,” ucapnya.

“Namun saya sudah mendekati akhir karier saya sebagai manajer, saya yakin itu,” ujar Guardiola. Ditanya kemana ia akan menghabiskan waktu usai pensiun, dia menjawab lapangan golf. Banyak perubahan sudah terjadi sejak mulai memimpin tim senior Barcelona pada 2008.

Jose Mourinho sempat mencibir Guardiola perihal dengan kepala gundulnya. “Jika andamenikmati apa yang Anda lakukan, anda takkan kehilangan rambut. Kepalanya gundul, Guardiola tak menikmati bagaimana sepak bola,” kata Mourinho.

Usai empat musim melatih Los Cules, Guardiola memutuskan istirahat selama setahun. Dia menjauh dari sepak bola, sebelum melatih lagi di Bayern Munich Bayern Munich. Dirinya butuh waktu untuk menyegarkan pikirannya.