Strachan menghadiri pertandingan tim Skotlandia U-21

Skotlandia menang 6-0 melawan Gibraltar di Portugal

Gordon Strachan diperkirakan akan tetap menjadi manajer bagi tim nasional Skotlandia, demikian kabar yang diterima oleh BBC Sport.

Kontrak manajer berusia 58 tahun itu akan berakhir setelah kegagalan Skotlandia untuk lolos dari tahap kualifikasi untuk putaran final Euro 2016 di Perancis. Skotlandia berada di urutan keempat di Grup D dan gagal untuk masuk ke babak play-off, dengan Republik Irlandia mengamankan tempat ketiga. Asosiasi Sepakbola Skotlandia diharapkan untuk membuat pengumuman resmi sebelum akhir pekan ini. Strachan kemudian akan mencoba untuk membawa tim tersebut ke Piala Dunia 2018 di Rusia, dengan Inggris di berada di grup kualifikasi yang sama dengan mereka.

Lithuania, Malta, Slovakia dan Slovenia juga berada di Grup F dengan pertandingan pertama Skotlandia adalah pertandingan tandang ke Malta pada 4 September 2016. Sebelum itu, tim asuhan Strachan kemungkinan besar akan memiliki serangkaian pertandingan persahabatan. Skotlandia belum pernah mencapai final turnamen besar sejak tim Craig Brown itu loos ke Piala Dunia 1998 di Perancis. Berti Vogts, Walter Smith, Alex McLeish, George Burley dan Craig Levein mengikuti jejak Brown sebelum mantan manajer Coventry, Southampton, Celtic dan bos Middlesbrough, Strachan diangkat sebagai manajer yang baru pada Januari 2013.

Pada saat itu, Skotlandia berada di tengah-tengah kampanye kualifikasi untuk Piala Dunia 2014. Kekalahan oleh Wales dan Serbia pada pertandingan kompetitif pertama Strachan sebagai manajer mengakhiri harapan mereka untuk lolos ke Brazil, tetapi hasil itu kemudian ditingkatkan dengan kemenangan kandang dan tandang melawan Kroasia dan kemenangan di Makedonia. Hasil itu mempersatukan Skotalndia menjelang kualifikasi Euro 2016 dan Skotlandia memulai kampanye mereka dengan cukup baik dengan tiga kemenangan dan dua kali seri dari enam pertandingan pertama mereka.

Namun, kekalahan oleh Georgia dan Jerman dan hasil imbang dengan Polandia membuat mereka harus tersingkir sebelum pertandingan penyisihan kelompok terakhir pada hari Minggu menghadapi Gibraltar di Portugal, yang berakhir dengan kemenangan 6-0 untuk Skotlandia. Strachan kemudian menghadiri pertandingan tim Skotlandia U-21 yang berakhir dengan hasil imbang 0-0 dengan Islandia pada hari Selasa, memicu spekulasi bahwa ia akan melanjutkan perannya sebagai manajer tim nasional senior.