david ginolaNewcastle United saat ini sedang menghadapi situasi yang sangat sulit. Bagaimana tidak? Atas serangkaian performa buruk klub The Magpies tersebut terdampar di posisi dua terbawah klasemen.

Dari 30 laga yang telah dilakoni di Premier League musim ini, Newcastle cuma bisa membukukan enam kemenangan, tujuh kali seri dan sisanya kalah.

Rangkaian hasil negatif itu menyebabkan manajemen klub mendepak pelatihnya Steve McClaren. Tak lama berselang mereka pun menunjuk eks manajer Real Madrid, Rafael Benitez, sebagai arsitek anyarnya.

Dengan tujuh pertandingan tersisa, tentu pekerjaan gampang untuk menyelamatkan Newcastle dari jurang degradasi. Pada partai debutnya saja, Benitez sudah tumbang di tangan Leicester City.

Terkair peluang besar Newcastle turun kasta musim ini, legenda hidup The Magpies, David Ginola, turut berkomentar. Ginola merasa akan lebih baik jika mereka degradasi terlebih dulu.

Alasannya Ginola mengatakannya yaitu eks timnya perlu membangun kekuatan baru dan fokus pada pembinaan para pemain muda.

“Di saat-saat tertentu tentu mereka harus sadar ada banyak hal yang harus ditangani dengan cermat. Mereka mendatangkan Rafael Benitez, namun bila degradasi dia tetap saja pergi. Lalu siapa pelatih mereka berikutnya?” kata Ginola kepada Talksport.

“Maka, tolong Newcastle United, mari kita pergi ke Championship. Kita mulai lagi dari awal, mempunyai pelatih untuk lima tahun mendatang, bekerja di akademi klub dan memasukkan pemain-pemain potensial dalam tim. Lupakan hal untuk mencoba bertahan di premier League. Bila anda melakukannya, anda akan lebih kuat lima tahun ke depan,” jelasnya.