Gennaro GattusoGennaro Gattuso resmi ditunjuk sebagai manajer sementara AC Milan. Gattuso ditunjuk untuk menjadi pengganti Vincenzo Montella yang dipecat manajemen AC Milan, Senin (27 November 2017) siang waktu setempat.

Manajemen Il Diavollo Rosso memecat Montella setelah AC Milan ditahan imbang 0-0 melawan Torino pada laga pekan ke-14 Serie A, Minggu (26 November 2017). Hasil itu membuat Leonardo Bonucci dan kawan-kawan tertahan di peringkat tujuh klasemen sementara dengan perolehan 20 poin.

“AC Milan mengumumkan telah mengakhiri kerjasama dengan Vincenzo Montella. Kami berterima kasih atas segala kinerja yang ditunjukkan Vincenzo Montella dan para stafnya. Pihak manajemen akan menunjuk Genaro Gattuso sebagai pelatih sementara,” tulis AC Milan dalam situs resminya.

Gattuso sendiri bukanlah nama asling untuk AC Milan. Saat masih aktif sebagai pesepak bola, dia merupakan gelandang bertahan terbaik yang pernah dimiliki oleh Il Rossonerri. Gattuso memperkuat tim utama Milan di periode 1999 hingga 2012.

Pria berkebangsaan Italia tersebut dikenal sebagai pemain yang berkarakter keras dan seorang gelandang bertahan dengan kemampuan tekel yang oke. Bersama Andrea Pirlo dia merupakan pilar utama AC Milan saat meraih berbagai gelar domestik dan Eropa, dan juga membantu tim nasional Italia memenangkan Piala Dunia 2006.

Walaupun bersahabat baik, Gattuso diketahui pernah hampir membunuh Pirlo dengan sebuah alat makan, garpu. Kejadian ini diceritakan Pirlo dalam buku autobiografi yang berjudul: ‘I Think Therefore I Play’.

Manajemen AC Milan punya alasan khusus menunjuk Gattuso untuk menjadi pengganti Montella. Sejak Mei 2017, Gattuso adalah manajer tim muda AC Milan. Saat ditunjuk menjadi juru taktik Milan Primavera, Gattuso baru saja membawa Pisa promosi ke Serie B. Saat menjadi pelatih Milan Primavera, Gattuso juga mendapat masukan dari Montella.