neven suboticBorussia Dortmund mewujudkan keinginan Neven Subotic agar bisa bermain secara reguler. Pihak Dortmund sepakat untuk meminjamkan bek tengah internasional Serbia tersebut ke FC Koln hingga akhir musim.

Pemain yang direkrut Dortmund dari Mainz pada 2008 lalu itu jadi pilar penting dalam kesuksesan Die Borussen menggenggam trofi Bundesliga pada musim 2010/2011 dan 2011/2012. Dirinya turut membawa timnya mencapai babak final Liga Champions musim 2012/2013.

Namun semenjak Dortmund berada di bawah arahan Thomas Tuchel, Subotic tidak lagi jadi pilihan utama. Pemain yang kini berusia 28 tahun itu juga acapkali mengalami cedera yang berdampak pada penurunan performa.

Di paruh kedua musim, Subotic tidak lagi berseragam Dortmund. Dia akan berusaha menyalakan kariernya lagi bersama Koln

“Atas jasanya yang besar untuk Dortmund, kami semua sepakat untuk memenuhi keinginan eksplisit si pemain untuk dipinjamkan ke Koln hingga akhir musim sehingga dia bisa mendapatkan lebih banyak waktu bermain di tingkat tinggi,” ujar Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc, di situs resmi Dortmund.

Bersama klub barunya ini, Subotic berkesempatan menjadi pilihan inti manajer Peter Stoeger menyusul kepergian Mergim Mavraj ke Hamburg baru-baru ini.

“Saya mengucapkan terima kasih atas momen luar biasa yang saya lalui di Dortmund. Sebagai seorang pemain profesional yang ambisius, saya 100 persen berkomitmen kepada Koln mulai hari ini,” ujar Subotic.

“Saya mau bermain di liga lagi. Itu adalah faktor yang mendorong saya,” katanya.