vicente del bosqueSpanyol meraup angka sempurna pada gelaran Piala Eropa 2016, dengan menundukkan Republik Ceko pada pada Senin 13 Juni 2016. Akan tetapi kedudukan 1-0 membuat manajer Tim Matador Vicente del Bosque kecewa, melihat kegagalan anak asuhnya gagal memaksimalkan banyak peluang menjadi gol.

Dikutip oleh Marca, Selasa 14 Juni 2016, Spanyol dominan dalam ball possesion hampir sepanjang laga. Mereka juga berkali-kali mengancam lini pertahan Ceko, namun akhirnya skor imbang berhenti di menit 87 setelah Gerard Pique mencetak gol.

“Akhirnya kami mampu memimpin, namun kami tak berhasil dalam penyelesaian akhir, membuat kami butuh waktu yang lama dalam urusan membuat gol. Itu gol yang sulit, membutuhkan umpan silang dari Andres (Iniesta) pada Pique,” kata Bosque.

Ia membenarkan ada permasalahan di sektor serang walau akhirnya tetap gembira dengan hasil akhir. “Kami punya sejumlah masalah dalam serangan, namun pada akhirnya kami bisa menang. Saya tak tahu apakah itu cukup, namun kami senang bisa mendapat tiga poin yang didapat.”

Sulitnya La Furia Roja membuat gol juga tak lepas dari performa gemilang Petr Cech di bawah mistar gawang Ceko. David De Gea sama-sama kokoh menjaga jala Spanyol. Kedua kesebelasan memiliki kiper yang masuk dalam jajaran penjaga gawang terbaik di dunia saat ini.