Brighton and Hove AlbionSeperti David melawan Goliath, mungkin itu adalah perumpaan yang pas saat Brighton and Holve Albion berhadapan dengan Manchester City di pekan pembuka Premier League 2017/2018. Bisakah Brighton and Holve Albion memberi kejutan untuk tim sekelas Manchester City?

Brighton and Holve Albion merupakan salah satu tim promosi musim ini selain Newcastle United dan Huddersfield Town. Lolos sebagai runner-up Championship, ini adalah musim pertama Brighton di level tertinggi sepakbola Inggris.

Bukan tugas mudah bagi Brighton and Holve Albion untuk bisa bertahan di kompetisi ini mengingat susunan squad mereka pun tidak terlalu bagus. Apalagi di laga debutnya, Brighton sudah harus bertemu salah satu kandidat juara, Manchester City.

Sudah pasti dengan segala kemewahan yang dimiliki ditambah kehadiran Josep Guardiola sebagai manajer, The Citizens bakal diunggulkan untuk menang. Tapi bola itu bundar, siapa tahun Brighton bisa memberi kejutan. Berikut data dan fakta terkait laga tersebut.

– Ini jadi pertemuan pertama Brighton and Holve Albion dengan Manchester City di laga kompetitif sejak Piala Liga September 2008. Laga itu berakhir imbang 2 – 2, yang kemudian Brighton berhasil mengalahkan City dengan skor 5-3 dalam adu penalti di stadion lamanya, Withdean Stadium.

– Pertemuan terakhir Holve Albion dengan Manchester City di liga adalah ketika The Citizens meraih kemenangan 2 – 1 di kandang pada April 1989, di kasta kedua sepakbola Inggris.

– Brighton and Holve Albion, yang punya julukan The Seagulls itu hanya menang sekali dari lima partai pembuka di liga (1 imbang 3 kalah).

– Manchester City selalu memenangkan enam pertandingan pembuka musim terakhirnya di Premier League, terbaik diantara tim-tim raksasa saat ini.

– Penyerang andalan Manchester City, Sergio Aguero berhasil mencatatkan lima gol dari enam pertandingan pembuka sebelumnya untuk Manchester City.

– Brighton and Holve Albion merupakan tim ke-30 yang dihadapi oleh Sergio Aguero di Premier League. Mantan penyerang Atletico Madrid itu itu sudah mencetak gol ke gawang 29 tim dari 30 yang ada, hanya Bolton Wanderers yang luput.

– Josep Guardiola selalu memenangkan tujuh pertandingan pembuka liga terakhirnya, terakhir dia menelan kekalahan adalah di musim 2008.