jan vertonghenPerjalanan impresif Tottenham Hotspur di Premier League baru saja diterpa berita buruk. Sang defender andalan Jan Vertonghen mendapat cedera lutut yang cukup serius dan memaksanya menepi dari lapangan hijau minimal dua bulan.

Cedera tersebut dialami Vertonghen ketika membantu Spurs membungkam Crystal Palace 3-1 di Selhurst Park, akhir pekan lalu. Pemain tim nasioal Belgia tersebut harus ditarik keluar pada menit ke-75 usai melakukan gol bunuh diri di babak pertama.

Beruntung, kesalahan Vertonghen tertebus. The Lilywhites sukses membalas tiga gol melalui Harry Kane, Dele Alli, dan Nacer Chadli guna memastikan diri pulang dengan poin sempurna.

Standard mengabarkan Vertonghen sudah menyeberang ke Spanyol bersama skuat Spurs untuk menjalani pusat pelatihan singkat jelang pertandingan Piala FA akhir pekan ini. Ia lantas melakoni pemeriksaan di Barcelona dan diketahui cedera pada bagian medial ligamen.

“Hasil dari pemeriksaaan dan pemindaian terbaru memastikan, Jan Vertonghen mengalami kerusakan pada ligamen medial collateral di lututnya dalam kemenangan 3-1 atas Crystal Palace,” bunyi keterangan di situs resmi klub.

“Pemain internasional Belgia meninggalkan lapangan dalam kondisi cedera di babak kedua dan tim medis kami bakal terus memantau perkembangan selama dia menjalani rehabilitasi untuk menentukan kapan dia bisa latihan lagi.”

Musim ini Vertonghen membuat lini belakang Spurs amat kokoh. Total dari 23 kali permainannya di Premier League, Spurs baru kemasukan 19 gol saja, jumlah paling sedikit di liga.

Tentu saja absennya Vertonghen membuat manajer Mauricio Pochettino harus memutar otak, pasalnya saat ini persaingan di empat besar masih ketat.