barcelonaBarcelona baru saja membuat rekor baru atas keberhasilan meraih titel bergengsi Piala Dunia Antarklub. Berikut ini torehan-torehan istimewa Barca dalam pertandingan tersebut.

Pada laga pamungkas yang dimainkan di Nissan Stadium, Yokohama, Minggu (20/12), raksasa Spanyol berjaya setelah mengalahkan tim asal Argentina River Plate dengan skor telak 3-0.

Kemenangan itu melengkapi koleksi tiga gelar Piala Dunia Antarklub untuk Barca (2009, 2011, 2015). Sepanjang sejarah pergelaran turnamen tersebut, belum ada klub yang berhasil melakukannya. Corinthians adalah pengumpul gelar terbanyak sebelumnya (2000, 2012).

Seperti yang dicatat oleh Opta, gol terakhir Barcelona dalam partai itu adalah gol yangke-176 bagi raksasa Katalan sepanjang tahun 2015 ini. Barca mematahkan rekor terbanyaknya dalam setahun kalender yang sebelumnya dibuat tahun 2012 silam dengan 175 gol.

Luis Suarez, pencetak gol ke-176 tersebut sudah dua kali membobol jala River Plate. Ia didapuk sebagai pemain terbaik (MvP) sekaligus topskorer turnamen dengan 5 gol. Jumlah tersebut dilansir Opta adalah yang terbanyak dikemas seorang pesepakbola dalam satu edisi Piala Dunia Antarklub. Lionel Messi dan Cesar Delgado juga membuat lima gol, namun mereka tidak membuatnya dalam satu satu edisi turnamen. Tiga pemain ini adalah topskorer Piala Dunia Antarklub sejauh ini.

Gol Los Cules lainnya yang menghujam gawang River Plate dibuat oleh Lionel Messi. Masih tercatat Opta, La Pulga rutin membuat gol dalam tiga partai puncak Piala Dunia Antarklub yang telah dia mainkan.

Sedangkan menurut Squawka, Barca tercatat telah meraih kemenangan ke-50 nya sepanjang tahun 2015 ini atau satu pertandingan lebih banyak ketimbang yang mereka buat pada 2012, dan menjadi rekor baru anyar.