Hasil imbang yang sudah diraih oleh Portugal ketika berhadapan dengan Meksiko di ajang Piala Konfederasi 2017 tegaskan sebuah catatan buruk untuk Cristiano Ronaldo.

Di laga Grup A yang berlangsung pada hari Minggu (18/6/2017) malam WIB di Kazan, Portugal terpaksa harus berbagi poin dengan Meksiko usai mendapat hasil imbang dengan skor 2-2. Hasil oke sang juara bertahan Eropa tersebut jadi berantakan pada masa injury time usai Meksiko catatkan angka pyang bikin skor imbang oleh Hector Moreno.

Ronaldo pribadi tidak catatkan angka untuk Portugal, namun catatkan assist untuk cetak angka pertama yang diciptakan oleh Ricardo Quaresma pada menit 34. Biarpun begitu, hal tersebut tak bisa hindarkan pemain bintang sepakbola Real Madrid tersebut dari sebuah catatan yang buruk.

Gagal memasukkan bola ke gawang Meksiko melanjutkan tren kegagalan Ronaldo dalam membobol gawang di pertandingan pembuka turnamen internasional.

Tak 1 angka pun yang dapat Ronaldo cetak sedari laga pertama di ajang Piala Eropa 2004, sama halnya di ajang Piala Dunia, Piala Eropa, dan sekarang ini Piala Konfederasi.

Menurunnya Ronaldo pada pertandingan pembuka berbanding lurus dengan penampilan yang kurang impresif dari Portugal di sejumlah pertandingan pembukanya. Portugal tercatat masih belum pernah menangkan pertandingan pembuka di turnamen internasional sedari menangkan laga atas Turki dengan skor 2-0 di pertandingan pembuka ajang Piala Eropa 2008.

Portugal tidak berhasil menang di pertandingan pembuka di ajang Piala Dunia tahun 2010 dan 2014, serta di Piala Eropa 2012 dan 2016. Tetapi pada turnamen yang disebut terakhir, Portugal menjadi juara.

Dengan sebuah poin yang diperoleh, Portugal berada di urutan 3 klasemen sementara grup dengan catatkan 1 poin. Portugal ada di bawah Meksiko dan tuan rumah Rusia yang berada di puncak.

Portugal bakal berhadapan dengan Rusia di laga kedua, yang akan berlangsung pada hari Rabu (21/6/2017).