Arjen RobbenPenyerang senior, Arjen Robben sudah menyatakan pensiun dari tim nasional Belanda. Dengan kualitas yang dia miliki, De Oranje diyakini akan sangat merindukan sosoknya di atas lapangan.

Keputusan pensiun dari tim nasional di ambil Robben setelah Belanda gagal tampil di Piala Dunia 2018. Kepastian itu didapat setelah Belanda cuma menang 2 – 0 atas Swedia di Amsterdam ArenA, Amsterdam, Rabu (11 Oktober 2017) dinihari WIB, melalui dua gol Robben.

Hasil itu tidak bisa mengantarkan Belanda untuk setidaknya lanjut ke babak play-off, yang mana tiketnya diperoleh Swedia. Anak-anak asuh Dick Advocaat kalah selisih gol karena tidak mampu menang dengan skor 7 – 0 untuk melalui selisih gol Swedia di posisi dua.

Robben mulai bermain bersama tim nasional senior Belanda sejak tahun 2003. Penyerang Bayern Muenchen ini tercatat sudah bermain sebanyak 96 kali dengan mengemas 37 gol dan 29 assists. Prestasi terbaiknya bersama De Oranje adalah menjadi runner-up Piala Dunia 2010.

“Arjen Robben adalah merupakan salah satu pemain terbaik di dunia, sejak dulu sampai sekarang. Dia belum akan berhenti bermain sepakbola karena masih akan melanjutkan tugasnya di level klub,” ungkap Dick Advocaat seperti dikutip Soccerway.

“Tapi ini akan jadi sebuah kehilangan besar untuk tim nasional Belanda bermain tanpa kehadirannya, karena dia adalah pemain dengan kualitas besar. Kami akan merindukan dia, kami tidak menyimpan perasaan ragu sedikitpun tentang dia,” lanjut Dick Advocaat.

Setelah menyatakan pensiun dari tim nasional, Arjen Robben mengaku ingin sepenuhnya fokus bersama Bayern Muenchen. pemain berusia 33 tahun tersebut juga berharap posisinya di squad De Oranje bisa dilanjutkan oleh generasi pemain Belanda lainnya.

Ini merupakan kegagalan kedua kalinya berturut-turut setelah timnas Belanda gagal melangkah ke putaran final Piala Eropa 2016. Penurunan yang drastis jika mengingat 39 bulan dilam De Oranje mampu membalikkan perkiraan dengan menembus semi-final Piala Dunia 2014.