Barcelona sampai saat ini merupakan satu-satunya klub yang menolong secara finansial untuk klub Chapecoense, setelah klub asal Brasil tersebut mengalami kejadian yang menyedihkan yakni mengalami kecelakaan pesawat yang menyebabkan hampir semua pemainnya meninggal dunia, termasuk pelatihnya.

Sekarang ini, Chapecoense sedang dalam proses membangung kembali setelah ditinggal pergi 19 pemainnya untuk selama-lamanya yang menjadi korban dalam kecelakaan pesawat mengenaskan yang menyebabkan terdapat 71 korban meninggal dunia.

Peristiwa tersebut sontak menjadikan klub ini banyak mendapat simpati dan rasa belasungkawa. Barcelona adalah klub yang begitu memberikan perhatian. Klub besar dari Spanyol tersebut juga sudah memberikan undangan resmi untuk Chape dalam laga Trofi Joan Gamper yang berlangsung di Camp Nou pada musim panas.

Presiden Chapecoense sendiri yakni Plinio David de Nes Filho mengungkapkan di media setempat bahwa Blaugrana menjadi satu-satunya untuk saat ini yang membantu mereka dalam hal finansial.

” Barca menjadi salah satu tim yang memberikan rasa belasungkawa melalui bantuannya pada kami dan sampai saat ini, mereka satu-satunya klub yang sudah menolong kami dalam hal keuangan dengan menyumbangkan senilai 250 ribu euro,” katanya.

Walau begitu, selain sumbangan finansial, Chape juga memperoleh banyak sekali bantun dan beberapa klub lainnya. Tim-tim di Serie A Brasil, diantaranya juga telah memberikan bantuan melalui meminjamkan para pemainnya untuk berlaga sementara bersama klub ini.

Sementara itu, pihak federasi sepakbola Brasil dan Kolombia di bulan Januari yang lalu juga sudah melakukan laga persahabatan yang mempertemukan kedua tim nasional mereka demi memolong Chapecoense.