Akhirnya Barcelona telah memberi keputusan soal turnamen musim panas manakah yang bakal diikuti Neymar. Striker berusia 24 tahun tersebut cuma diperbolehkan mengikuti turnamen Olimpiade Rio de Janeiro.

Brasil bakal melakoni dua kompetisi penting pada musim panas mendatang, Copa America Centenario bulan Juni dan Olimpiade pada Agustus. Soal dua ajang tersebut, Neymar pribadi mengakui bersedia mengikuti seluruhnya bersama tim nasional.

Kendati demikian Los Cules sebagai pemilik sah tentu tak mau kondisi fisik Neymar terforsir ketika melewati musim 2016/2017 mendatang.

Usai diadakan pertemuan antara pihak Federasi Sepakbola Brasil (CBF) dan Barca, akhirnya keluar keputusan bahwa Neymar hanya diizinkan mengikuti Olimpiade musim panas di mana Rio de Janeiro yang mana Brasil jadi tuan rumah.

“Barcelona mengucapkan terima kasih untuk Federasi Sepakbola Brasil, dan juga presiden Polo del Nero, yang telah menerima proposal dari klub perihal Neymar yang hanya diperbolehkan tampil pada Olimpiade 2016 Brasil, yang bakal dilangsungkan antara 3-21 Agustus,” demikian pernyataan resmi Barca seperti dikutip Soccerway.

“dengan begitu, Neymar akan bebas dari kewajibannya tampil di kompetisi yang bakal dilangsungkan di Amerika Serikat antar 3-26 Juni. Klub ingin berterima kasih kepada semua pihak yang ada di dalamnya.”

Walau Olimpiade hanya diperbolehkan untuk pemain usia muda, setiap negara berhak membawa satu pemain yang usianya lebih dari 25 tahun. Tenaga mantan punggawa Santos ini tentu sangat dibutuhkan Brasil untuk memenangi kejuaraan di tanah sendiri.

Pada fase grup Olimpade mendatang, Tim Samba terundi bersama tim yang relatih mudah yakni Afrika Selatan, Denmark, dan Irak.