ernesto valverde barcaManajer Barcelona, Ernesto Valverde menyatakan dirinya bertanggung jawab penuh atas kekalahan 1-2 yang dialami tim asuhannya dalam kunjungan ke kandang Leganes, Kamis (27 September 2018) WIB silam.

Barca sempat unggul terlebih dahulu berkat gol tendangan voli dari Philippe Coutinho pada menit ke-12. Gol yang terbilang cepat itu sempat membuat banyak orang menyangka Blaugrana akan pulang dengan kemenangan telak.

Namun, tuan rumah justru bangkit. Nabil El Zhar dan Oscar Rodriguez berhasil mencetak gol yang sampai peluit panjang tanda pertandingan berakhir tak bisa dibalas oleh para pemain Barcelona.

Dalam pertandingan ini Valverde memang melakukan sejumlah strategi baru. Seperti memasang Thomas Vermaelen di posisi bek sayap kiri, kemudian lebih memilih memainkan Munir El Haddadi ketimbang Luis Suarez.

“Tentu, pada akhirnya pelatih yang harus bertanggung jawab, saya merasa seperti pelatih merasa ketika timnya kalah,” kata Valverde dalam konferensi pers pasca pertandingan.

“Hari ini ada dua perubahan. Dalam kasus Luis Suarez, saya berencana untuk memberi dia waktu istirahat minggu ini dan karena Jordi telah memainkan semua pertandingan sejauh ini, saya khawatir dia punya masalah.

“Ini sepakbola dan hal-hal seperti itu memang sering terjadi. Terkadang sulit untuk menjelaskan hal-hal yang terjadi dalam permainan. Kami mengendalikan permainan tetapi hanya butuh satu menit bagi mereka untuk menyakiti kami.”

Kekalahan ini menjadi hasil minor kedua yang diraih Barcelona dalam kurun waktu kurang dari satu pekan. Pada Minggu (23 September 2018) silam, Lionel Messi dan rekan-rekannya juga hanya bisa bermain imbang 2-2 saat menjamu Girona.